UNTUK INDONESIA
Bamsoet Desak Munas Golkar Sebelum Pelantikan Presiden
Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo mengatakan pelaksanaan munas maupun muktamar partai politik penting dilakukan sebelum pelantikan presiden.
Wakil Kobid Pratama DPP Partai Golkar Bambang Soesatyo (tengah) bersama Politikus Golkar Ali Yahya (ketiga kiri), Anggota Dewan Pembina Partai Golkar Paskah Suzetta (ketiga kanan) saat mendeklarasikan diri sebagai calon ketua umum Partai Golkar periode 2019-2024 di Jakarta. (Foto: Antara/Reno Esnir)

Bali - Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan pelaksanaan musyawarah nasional (munas) maupun muktamar partai politik memang penting dilakukan sebelum pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang.

Menurut dia, gelaran munas atau muktamar sebelum pelantikan nantinya akan meringankan pekerjaan presiden dalam menyusun kabinet.

"Agar Presiden Jokowi tidak perlu deal dua kali dengan partai politik dalam penyusunan kabinet ataupun kesepakatan politik strategis lainnya," kata Bamsoet di Nusa Dua, Bali, Selasa, 20 Agustus 2019.

Dengan demikian, Bamsoet yang mencalonkan diri menjadi ketua umum Partai Golkar mendorong partainya untuk segera melaksanakan munas, seperti yang dilakukan PKB dan PDI Perjuangan pada 8 Agustus 2019 lalu.

Selain memudahkan presiden dan wakil presiden terpilih mengetahui arah dan garis perjuangan partai politik selama lima tahun ke depan, munas maupun muktamar menjadi persiapan partai politik menghadapi pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Apalagi pada 23 September 2020 akan ada pilkada serentak di 270 daerah, terdiri dari 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota," ujar Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPR) tersebut. []

Berita terkait
Golkar Sumatera Utara: Bamsoet Jangan Terlalu Ambisi
Plt Ketua DPD Partai Golkar Sumatera Utara, Ahmad Doli Kurnia Tandjung meminta agar Bambang Soesatyo jangan terlalu berambisi didepan khalayak.
Peluang Bamsoet dan Adian Napitupulu Jadi Menteri
Pemanggilan mereka menjadi tanda tanya bagi masyarakat. Apakah itu terkait menteri Jokowi atau hanya sebatas silaturahmi.
Menghitung Peluang Bamsoet dan Airlangga
Partai Golkar berdasarkan jadwal akan menyelenggarakan munas pada Desember 2019. Akan tetapi dipercepat pada 20 Oktober 2019.
0
Tito Karnavian Sosok Keenam Penuhi Undangan Jokowi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian memenuhi undangan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta.