UNTUK INDONESIA
Bakal Calon Bupati Toba Samosir Kampanye Lewat Buku
Maju dalam Pilkada 2020, Balon Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir kampanye lewat aksi bagi buku.
Pasangan bakal calon Bupati Toba Samosir saat memberikan buku ke perpustakaan desa, Senin 18 November 2019. (Foto: Tagar/Alex)

Toba Samosir - Simson Panjaitan dan Tota Manurung, dua akademisi yang kini tercatat sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir kampanye lewat aksi bagi buku, Senin 18 November 2019.

Bagi keduanya, ketimbang sosialisasi dengan mengumpulkan masyarakat, lebih efektif mengenalkan diri dengan berbagi pengetahuan, seperti pembagian buku ke perpustakaan desa.

Mereka berdua, misalnya telah berbagi buku di perpustakaan Desa Silamosik II, Kecamatan Bonatua Lunasi, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Kita ingin metode kampanye seperti ini, berbagi ilmu lewat buku

"Kita ingin mengenalkan diri dengan berbagi ilmu. Metode ini tidak sekadar mengenalkan kita, tetapi ada jejak yang kita tinggalkan kepada masyarakat, yaitu ilmunya," ujar Simson.

Menurut Tota, masyarakat saat ini sudah cerdas karena kemudahan mengakses berbagai ilmu pengetahuan.

"Jika selama ini pesta demokrasi identik dengan money politics, kita ingin hal itu disudahi. Saatnya pesta demokrasi itu lebih mencerdaskan masyarakat. Termasuk dengan berbagi buku," sebutnya.

Meski minat baca masyarakat saat ini mulai memudar, namun metode kampanye Simson-Tota dinilai selangkah lebih baik daripada metode kampanye dengan mengumpulkan masyarakat.

"Ini jauh lebih baik. Tidak bisa dibohongi bahwa buku jendela dunia. Kita ingin metode kampanye seperti ini, berbagi ilmu lewat buku," sebut salah seorang warga, Andika Butarbutar.[]

Berita terkait
Penganiaya Petani di Toba Samosir Bebas Berkeliaran
Penganiaya para petani di Desa Amborgang, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, masih bebas berkeliaran.
Kajari Toba Samosir Dimutasi, Jurnalis Bersyukur
Kajari Toba Samosir, Jeffry Maukar dimutasi, para jurnalis pun sangat bersyukur dan berterima kasih dengan kepergian Jeffry Maukar.
Hari Batik, Bupati Toba Samosir Pamer Batik Corak Batak
Pada Hari Batik Nasional, Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara, Darwin Siagian memamerkan batik dengan motif Ulos Batak.
0
Jenis Olahraga yang Aman Selama Puasa
Namun, saat menjalani puasa Ramadan banyak orang yang malas berolahraga karena takut kelelahan, dan batal puasanya.