Bahaya! Ketahui Faktor Penyebab Ban Mobil Pecah

Insiden ban mobil pecah dapat terjadi di jalan raya atau jalan tol, tentunya akan menimbulkan kemacetan atau bahkan kecelakaan lalu lintas.
Penyebab ban mobil pecah di jalan (Foto: Tagar/Freepik/Prostooleh)

Jakarta – Ban pada mobil sudah dirancang sebaik mungkin untuk memberikan rasa aman dan nyaman penggunanya. Walau sudah di desain sangat baik, masalah dapat terjadi kapan saja. Misalnya saja kasus ban pecah saat digunakan.

Insiden ban mobil pecah dapat terjadi di jalan raya atau jalan tol, tentunya akan menimbulkan kemacetan atau bahkan kecelakaan lalu lintas. Bukan hanya kecelakaan tunggal saja, terkadang pecah ban juga mengakibatkan kecelakaan beruntun yang memakan banyak korban.

Tentunya ini sangat berbahaya bagi pengendara, penumpang dan orang lain di sekitar jalan. Sebenarnya ada cara untuk menghindari kejadian ban pecah, salah satunya melakukan pengecekan sebelum digunakan. Perlu diketahui juga, apa saja faktor penyebab ban mobil pecah di jalan.


Tekanan Angin Kurang

Banyak yang berasumsi ban pecah disebabkan karena tekanan angin terlalu tinggi. Justru ban yang kekurangan tekanan angin memicu ban pecah. Karena angina dalam ban yang sedikit membuat dinding ban akan lebih sering terjadi, akibatnya kawat baja dari ban mobil mudah putus.

Hal inilah yang membuat ban pecah ketika mobil sedang dikendarai dengan kecepatan konstan, semisal pada jalan tol atau bebas hambatan. Pecah ban semakin parah kalau Anda mengendarai di kecepatan tinggi. Sebaiknya periksa tekanan angin pada ban terlebih dahulu sebelum berkendara. Jika ban terlihat kurang angin, segera kunjungi pom bensin atau tukang kompa ban terdekat.


Menghantam Lubang

Bukan menjadi rahasia umum lagi, kalau jalan raya di Indonesia banyak sekali titik-titik lubang yang terkadang membahayakan pengguna jalan. Pada dasarnya ban bisa melindungi pengemudi dari tekanan dan getaran karena menghantam lubang di jalan. 

Tapi efek yang ditimbulkan saat melewati lubang adalah potensi rusaknya struktur kawat baja pada ban yang mengakibatkan ban menjadi "ban benjol”. Jika ban benjol dibiarkan bukan tidak mungkin ban pecah dimudiaan hari. Untuk menghindarinya, cukup fokus pada jalan jika ada lubang sebisa mungkin hindari.


Salah Menambal Ban

Ban yang bocor biasanya akan dibawa ke bengkel atau tukang tambal ban. Jika menambal ban dengan teknik tusuk / string tubeless, biasanya lubang bocor akan diperbesar sehingga serat baja yang ada pada struktur ban bisa terputus. 

Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, struktur ban menjadi rapuh. Sebaiknya hidari teknik penambalan seperti itu. Tak ada salahnya juga Anda bertanya lebih dulu ke tukang tambal ban agar tidak memicu ban pecah dikemudian hari.


Batu Kerikil di Ulir Ban

Ulir ban dirancang agar bisa mengalirkan air ketika ban melewati jalan yang basah. Salin itu meningkatkan daya cengkram ban sehingga tidak selip saat dikendarai saat jalan basah. 

Tapi sering kali sela-sela ulir ban di masuki batu kerikil. Jika batu kerikil terus dibiarkan akan melukai ban dan struktur serat baja dalam ban mobil akan rusak. Ban bisa pecah akibat korosi yang disebabkan batu kerikil tadi. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan ban dari kerikil seperti ini secara berkala saat Anda mencucinya.

Setiap pengendara memang sudah seharusnya memperhatikan semua hal sebelum berkendara, termasuk kondisi ban. Kondisi ban yang baik akan membuat perjalanan aman dan nyaman. Selalu hindari faktor-faktor penyebab ban pecah seperti penjelasan diatas, agar Anda, penumpang, dan pengendara lain terhindar dari kecelakaan.[]


(Egy Setya Ramadhan)


Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar
Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.
Tips Pilih Mobil untuk Merintis Usaha
Pemilihan kendaraan operasional akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha, biaya operasional dan keuntungan yang diperoleh.
Agar Tenang dalam Mengemudi Mobil, Terapkan Tips Ini
Salah satu kunci agar tenang dalam mengemudi mobil adalah mengatur posisi duduk, misalnya terkait ketinggian dashboard dan jok.
0
Bahaya! Ketahui Faktor Penyebab Ban Mobil Pecah
Insiden ban mobil pecah dapat terjadi di jalan raya atau jalan tol, tentunya akan menimbulkan kemacetan atau bahkan kecelakaan lalu lintas.