Bahaya Bila Malas Merawat V-Belt Sepeda Motor

Merawat dan memeriksa v-belt secara rutin penting untuk dilakukan, agar potensi kerusakan pada komponen yang terhubung dengannya dapat dihindari.
Ilustrasi V-Belt. (Foto:Tagar/Ist)

Jakarta - Merawat dan memeriksa v-belt secara rutin penting untuk dilakukan, agar potensi kerusakan pada komponen yang terhubung dengannya dapat dihindari. Pasalnya, v-belt yang rusak tak hanya menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, tetapi juga sangat bahaya saat v-belt putus ketika kita sedang berkendara.

Memang, kondisi v-belt putus jarang terjadi, namun potensi itu tetap saja bisa terjadi jika pemilik sepeda motor tak memperhatikan atau tidak merawatnya secara rutin sesuai anjuran pabrikan. 

Astra Honda Motor menulis, umur v-belt bisa sampai 24 ribu kilometer atau sekitar 2 tahun. Namun, kondisi tersebut tergantung dari cara bekendara dan perawatan yang dilakukan pengendara pada motornya.

V-BeltIlustrasi V-Belt. (Foto:Tagar/Ist)

Beberapa hal yang bisa terjadi pada v-belt bila Anda tidak melakukan permeriksaan dan perawatan secara rutin sesuai anjuran pabrikan :

1. V-belt aus dan menimbulkan bunyi

2. Akselerasi kendaraan menurun

3. V-belt retak

4. V-belt putus

Namun, kejadian ini bisa dicegah dengan cara merawat sepeda motor Anda secara berkala. Serta rutin melakukan pemeriksaan v-belt setiap 8 ribu kilometer atau sekitar 8 bulan sekali.

Jika v belt tak dirawat, mungkin saja akan timbul kerusakan pada bagian CVT yang lebih parah. Gawatnya, kerusakan ini bisa menjalar ke beberapa komponen lain seperti rusaknya roller, rumah roller, atau bahkan crank shaft.

Oleh sebab itu, bawalah sepeda motor kesayangan Anda secara rutin ke bengkel terdekat untuk mendapat perawatan dan pemeriksaan secara berkala dari mekanik berpengalaman. Sehingga uang yang dikeluarkan bisa lebih kecil daripada Anda harus mengeluarkan uang untuk mengganti komponen yang rusak.[]

Berita terkait
AHM Hadirkan Warna Terbaru CBR150R Tricolor
Selain meluncurkan CBR600RR Tricolor, AHM juga menghadirkan varian warna terbaru CBR150R Tricolor dan CBR250RR Tricolor.
AHM Hadirkan Honda Rebel Facelift di Indonesia
PT AHM Honda Rebel facelift di pasar otomotif Indonesia. Secara keseluruhan, sepeda motor ini hadir dengan warna dan beberapa fitur baru.
Fitur Beragam Skutik Besar Honda Forza
PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan penyegaran pada skutik besar Honda Forza melalui beragam fitur dan desain teranyar.
0
Hari Lahir Pancasila, Kemendagri: Naikkan Bendera Merah Putih Satu Tiang
Kemendagri meminta seluruh masyarakat menaikkan Bendera Merah-Putih satu tiang dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni.