Bahan Terbaik dan Aman untuk Masker Kain Cegah Covid-19

Tahukah Anda bahan terbaik dan aman untuk masker kain pencegah Covid-19 yang kini beredar luas di pasaran?
Memakai masker untuk mencegah penularan Covid-19. (Foto: Pixabay/Anestiev)

Jakarta - Masker kini menjadi salah satu alat pelangkap penting seiring imbauan organisasi kesehatan dunia (WHO) untuk menggunakannya saat berpergian keluar rumah di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. Namun, tahukah Anda bahan terbaik dan aman untuk masker kain yang kini beredar luas di pasaran?

Berdasarkan jenisnya, masker bedah dan N95 diprioritaskan untuk tenaga medis, pasien Covid-19, serta kelompok-kelompok yang rentan. Sedangkan, masyarakat yang sehat dianjurkan untuk menggunakan masker kain.

Melansir The New York Times, Kepala Anestesiologi di Pusat Medis Wake Forest Baptist Health, Scoot Segal, mengatakan salah satu cara memilih masker kain yang baik adalah dengan merentangkan masker menghadap cahaya. Jika cahaya mampu menembus kain dan serat-serat kain terlihat dengan jelas, maka masker tersebut bukanlah masker yang baik untuk digunakan.

"(Tapi) jika (masker kain) itu adalah tenunan yang lebih padat dengan bahan yang lebih tebal dan tidak terlalu banyak cahaya menembus, artinya bahan itu bisa kamu gunakan," ujar Segal.

Masker AcehSalah seorang anggota Polisi Air dan Udara (Polairud) sedang memakaikan masker kepada salah seorang masyarakat di Pulau Breueh, Aceh Besar, Aceh, 21 April 2020. (Foto: Tagar/Ahmad Mufti)


Selain itu, Segel juga menyarankan masyarakat yang hendak membeli masker kain untuk memilih masker dengan bahan katun quilting. Jenis kain ini diakui memiliki kualitas yang lebih baik dan serat yang rapat.

Sementara itu, melansir Smart Air Filters, peneliti dari Cambridge University telah melakukan penelitian terhadap bahan masker yang ampuh untuk mencegah penularan virus pada 2013. Dalam penelitian itu, peneliti membandingkan apa saja bahan-bahan masker yang efektif untuk menangkal kuman berukuran 0,02 mikron, termasuk virus corona

Adapun hasil dari penelitian tersebut adalah: 

- Masker bedah: 89 persen

- Lap dapur: 73 persen

- Kain katun campuran: 70 persen

- Linen: 62 persen

- Sarung bantal: 57 persen

- Kaus katun 100 persen: 51 persen

Peneliti juga membandingkan efektivitas masker dua lapis yang umum digunakan masyarakat. Hasilnya:

- Masker bedah: 97 persen

- Lap dapur: 97 persen

- Kaus katun 100 persen: 71 persen

- Sarung bantal: 62 persen

Dari data tersebut menunjukan dua lapis kain masker yang terbuat dari bahan lap dapur mampu mendekati efektivitas masker bedah. Meksi begitu, para pakar menyarankan masyarakat untuk menggunakan masker yang nyaman dengan sirkulasi udara yang lancar.

Dari penelitian tersebut, salah satu bahan masker kain yang efektif menangkal virus dan nyaman saat digunakan ialah katun sarung bantal dan kaus katun. []

Berita terkait
Ramai Dokter Jerman Bugil Protes Kurang APD Lawan Corona
Para perawat dan dokter di Jerman ramai-ramai mengunggah foto bugil mereka dalam satu situs sebagai bentuk aksi protes keurangan APD.
WTO: 80 Negara Larang Ekspor Masker dan APD
Sekitar 80 negara telah mengeluarkan kebijakan larangan atau pembatasan masker dan alat pelindung diri (APD) lainnya.
Harga Masker Tetap Tinggi Setelah Operasi Pasar
Operasi pasar yang dilakukan PD Pasar Jaya tak pengaruh, harga masker dan hand sanitizer tetap tinggi.
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.