Bagaimana Doa untuk Orang Tua Non-Muslim yang Meninggal Dunia?

Berdoa untuk orang tua non-Muslim yang sudah meninggal tidak ada gunanya dan bahkan dilarang perintah Alquran.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta – Tak sedikit orang berpindah keyakinan menjadi Islam (mualaf) setelah memuk agama yang dianut sebelumnya. Dengan demikan, para mualaf ini meninggalkan mereka meninggalkan orang tua dan kerabat yang kini berbeda agama. Lain soal kalau mereka juga ikut memeluk Islam karena mendapatkan hidayah.

Tapi, bagaimana ketika orang tua atau kerabat belum mendapat hidayah memeluk Islam hingga ajal menjemput ?

Padahal, sebagai anak yang berbakti, kita harusl mendoakan orang tua yang sudah meniggal dunia. Tetapi jika orang tua kita non-muslim, bgaimana Islam memandangnya.

Dilansir dari aboutislam, dosen Studi Islam dalam Bahasa Inggris dan Professor di Fakultas Ilmu Islam Universitas Internasional al-Madinah, Muhammad Salama, mengatakan berdoa untuk orang tua non-Muslim yang sudah meninggal tidak ada gunanya dan bahkan dilarang perintah Alquran.

Ada 2 ayat Alquran yang jelas melarang hal tersebut yaitu, At Taubah ayat 84 dan 113, yaitu sebagai berikut:

At taubah ayat 84

وَلَا تُصَلِّ عَلَىٰ أَحَدٍ مِنْهُمْ مَاتَ أَبَدًا وَلَا تَقُمْ عَلَىٰ قَبْرِهِ ۖ إِنَّهُمْ كَفَرُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَاتُوا وَهُمْ فَاسِقُونَ

Artinya : Dan janganlah engkau (Muhammad) melaksanakan salat untuk seseorang yang mati di antara mereka (orang-orang munafik), selama-lamanya dan janganlah engkau berdiri (mendoakan) di atas kuburnya. Sesungguhnya mereka ingkar kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka mati dalam keadaan fasik.

At Taubah ayat 113

مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَىٰ مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ

Artinya : Tidak pantas bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memohonkan ampunan (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik sekalipun orang-orang itu kaum kerabat(nya) setelah jelas bagi mereka bahwa orang-orang musyrik itu penghuni Neraka Jahanam.

Dari kedua ayat tersebut jelas Alquran melarang umat Islam berdoa dan meminta pengampunan bagi mereka yang mati sebagai orang-orang kafir. Imam Nawawi dalam Al-Majmu Syarh Al-Muhadzab, menyatakan berikut ini:

وأما الصلاة على الكافر والدعاء له بالمغفرة فحرام بنص القرآن والإجماع “

Artinya : Doa dan permintaan ampunan untuk orang kafir adalah haram berdasarkan dalil Alquran dan konsensus ulama. []


Baca Juga





Berita terkait
Bacaan Doa Memakai dan Melepas Pakaian
Bagi umat muslim, sebelum berpakaian dianjurkan untuk membaca doa terlebih dahulu. Maksud dari. Berikut doa memakai dan melepas pakaian.
Sering Terlupa, Ini Doa Ketika Adzan dan Keutamaannya
Adzan merupakan panggilan ibadah untuk seluruh umat muslim yang menandakan jika sudah masuk pergantian waktu sholat. Berikut doa dan keutamaannya.
Pentingnya Membaca Doa Sebelum dan Sesudah Belajar
Ilmu yang bermanfaat sendiri akan menjadi amalan yang tak pernah putus hingga sang pemberi ilmu tutup usia.
0
Berikut Daftar Mobil yang Meluncur di GIIAS 2021
ameran Otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) sudah resmi dikelar hari ini pada, Kamis, 11 November 2021. Berikut daftarnya.