Sering Terlupa, Ini Doa Ketika Adzan dan Keutamaannya

Adzan merupakan panggilan ibadah untuk seluruh umat muslim yang menandakan jika sudah masuk pergantian waktu sholat. Berikut doa dan keutamaannya.
Ilustrasi - Berdoa. (Foto: Tagar/Unsplash/Positive Moslem Attitude)

Jakarta – Adzan merupakan panggilan ibadah untuk seluruh umat muslim yang menandakan jika sudah masuk pergantian waktu sholat. Setiap harinya kita sebagai umat islam mendengarkan adzan sebanyak 5 kali yang berkumandang dari pagi hingga malam.

Adzan yang digunakan diseluruh dunia menggunakan bahasa arab dan masih sama sejak pertama kali dikumandangkan di kota Madinah. Namun, taukah kalian ternyata terdapat adab jika kita sedang mendengarkan azan? adab ketika mendengarkan adzan ini umumnya diajarkan sejak kecil pada jenjang sekolah dasar.

Namun sangat disayangkan, saat ini kerap dijumpai orang yang tidak mengetahui adab tersebut dan justru menghiraukan panggilan ibadah ini. Meskipun tidak wajib, adab ketika adzan berkumandang sebaiknya diperhatikan karena sebagian adab tersebut adalah sunnah yang mana jika dikerjakan akan mendapatkan pahala.

Adab yang seharusnya kalian lakukan ketika adzan berkumandang adalah menghentikan kegiatan yang sedang dilakukan dan menjawab panggilan adzan tersebut. Sebagai mana yang diriwayatkan Rasulullah SAW, “Apabila kalian mendengar panggilan adzan, ucapkanlah sebagai mana yang diucapkan oleh muazin (orang yang beradzan)."

Menjawab adzan sesuai yang diucapkan muadzin kecuali pada kalimat "Hayya 'ala al-shalah" (Marilah kita tunaikan shalat) dan "Hayya 'ala al-falah" (Marilah kita menuju kesuksesan). Jika muadzin mengumandangkan kedua kalimat tersebut kalian hanya perlu menjawab "La hawla wa la quwwata illâ billah" (Tiada daya dan tiada kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah).

Tak hanya menjawab panggilan adzan tersebut, kalian juga disunnahkan membaca doa ketika adzan selesai berkumandang. Berdasarkan hadis riwayat Abu dawud, Bukhari, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah doa yang kalian panjatkan ketika adzan telah berkumandang adalah sebagai berikut.

اللّٰهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ سَيِّدَنَـامُحَمـَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا المَحْمُودًا الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Artinya: “Ya Allah Tuhan yang memiliki seruan yang sempurna dan shalat yang tetap didirikan, kurniailah Nabi Muhammad wasilah (tempat yang luhur) dan kelebihan serta kemuliaan dan derajat yang tinggi dan tempatkanlah dia pada kependudukan yang terpuji yang telah Engkaujanjikan, sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji, wahai dzat yang paling Penyayang.”

Selain doa diatas, mengutip NU Online, kitab Jami'ul Ahadits, juz IV, hal. 250 menyebut jika ada doa khusus yang sebaiknya kalian panjatkan setelah adzan magrib:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ لَيْلِكَ وإدْبَارُ نَهَارِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فَاغْفِرْ ليْ

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya malam-Mu, dan perginya siang-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Doa khusus lainnya juga terdapat pada adzan subuh yang disebutkan dalam kitab Fathul Muin hal. 208:

اللّٰهُمَّ هَذَا إِقْبَالُ نَهَارِكَ وَإِدْبَارُ لَيْلِكَ وَأَصْوَاتُ دُعَاتِكَ فاغْفِرْ لِي

Artinya: “Ya Allah, ini adalah (saat) datangnya siang-Mu, dan perginya malam-Mu, dan terdengarnya doa-doa untuk-Mu, maka ampunilah aku.”

Berdoa setelah adzan sangatlah dianjurkan karena dilansir dari beberapa sumber membaca doa setelah adzan mempunyai beberapa keuatamaan. Berikut beberapa keutamaan yang akan kalian dapatkan ketika memanjatkan doa setelah adzan berkumandang.


1. Mendapatkan Syafaat dari Allah SWT

“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali.

Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).


2. Diijabah Doa-doanya

"Rasulullah pernah bersabda yang artinya, "Ucapkanlah seperti ucapan muadzin, jika kamu telah selesai, berdoalah maka kamu akan diberi." (HR. Abu Daud dan IbnHibban, dan dihasankan Syuaib al-Arnauth).


3. Dihapus Dosa-dosanya

Barangsiapa membaca ketika mendengarkan suara orang adzan dengan bacaan (yang artinya) : “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan bahwa Nabi Muhammad itu adalah hamba-Nya. Aku rela ber-Tuhan kepada Allah, dan terhadap Nabi Muhammad sebagai utusan-Nya dan dengan Islam sebagai agamaku”. Maka akan diampunilah dosanya. (HR Muslim).


4. Mendapatkan Pahala Setara 10 Kali Bershalawat

"Apabila anda mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali." (HR. Muslim).


5. Mendapat Saksi Kebaikan

"Tidaklah suara adzan yang keras dari yang mengumandangkan adzan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat." (HR.Bukhari).


6. Jaminan Surga

"Barangsiapa yang mengucapkan seperti yang dilantunkan orang ini (Bilal) dengan yakin maka dia akan masuk surga." (HR. Ahmad, An-Nasai disahihkan oleh Syuaib al-Arnauth).

(Dimas Rafika)


Berita terkait
Doa Sapu Jagat untuk Keselamatan Dunia Akhirat
Dari sekian banyak doa, doa sapu jagat menjadi salah satu doa yang paling banyak dilafalkan oleh kaum muslim.
Doa yang Selalu Dibaca Nabi Muhammad Ketika Turun Hujan Deras
Membaca doa untuk meminta perlindungan dari Allah SWT adalah cara paling mudah agar terhidar dari musibah.
Tata Cara dan Doa Tayamum, Lengkap dengan Artinya
Namun ditempat yang sumber air terbatas atau kering, maka dapat melakukan tayamum penggantu wudhu.
0
Sering Terlupa, Ini Doa Ketika Adzan dan Keutamaannya
Adzan merupakan panggilan ibadah untuk seluruh umat muslim yang menandakan jika sudah masuk pergantian waktu sholat. Berikut doa dan keutamaannya.