UNTUK INDONESIA
Badai Covid-19 di Indonesia Tamat 17 Juni 2020
Berikut ini fakta-fakta ilmiah yang memperkuat landasan perkiraan akurat bahwa pandemi Covid-19 di Indonesia berakhir pada 17 Juni 2020.
Memakai masker agar tak tertular virus corona penyebab penyakit Covid-19. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Kepada yang terhormat Presiden Jokowi, Presiden Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam sistem dinamik, stokastik, dengan data yang sangat random, susah di tahap-tahap awal pandemi covid-19 menduga atau memprediksi secara akurat, kapan pandemi covid-19 di Indonesia berakhir.

Sistem infeksi Covid-19 stokastik ini sangat ditentukan tipe kawasan (kontinen atau kepulauan) dan iklim.

Melihat fenomena di negara lain penting, namun mencari kesepadanannya dengan kasus di Tanah Air tidak bisa serta-merta.

Kita bandingkan antara Jerman dan Indonesia. Kasus harian di Jerman rata-rata, di tahapan puncak, di atas 5000 kasus per hari, sedang Indonesia hanya sekitar 300 kasus per hari. 

Mengapa bisa begitu? Karena saat pandemi berlangsung, udara Jerman masih dingin dan sangat kering, sehingga agresivitas virus Covid-19 sangat tinggi. Jarak efektif penularan bisa lebih panjang dan umur droplets di udara Jerman bisa mencapai 5 hari.

Fakta ilmiah itulah yang membuat semuanya jadi logis, bahwa laju infeksi harian di Jerman sangat tinggi.

Tanpa mendahului kehendak Tuhan Yang Maha Segalanya dan selalu memohon rahmat-Nya, saya yakin 100 persen, pandemi Covid-19 berakhir di Indonesia pada tanggal 17 Juni 2020.

MaskerIlustrasi - Di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Kalau harus keluar dari rumah, memakai masker untuk melindungi diri dan orang lain. (Foto: Pixabay/Duplex)

Saya yakin dengan seyakin-yakinnya, dengan datangnya musim semi dan kemudian musim panas, pandemi Covid-19 di Eropa akan berakhir.

Indonesia, dengan tipe kepulauan dan udara yang panas dan humid, adalah berkah dari Tuhan Yang Maha Segalanya. Hingga 24 April 2020, di mana ada 436 kasus, Indonesia sudah melewati separuh perjalanan pandemi Covid-19. Dari data yang terkumpul hingga tanggal 24 April 2020, saya bisa menghitung secara akurat, bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir reasonable pada tanggal 17 Juni 2020.

Langkah perhitungan yang saya tempuh adalah menentukan peak shape (asymetric Lorenzian peak) dan ketinggian peak yang saya verifikasi dengan data total pasien terinfeksi hingga tanggal 24 April 2020.

Tanpa mendahului kehendak Tuhan Yang Maha Segalanya dan selalu memohon rahmat-Nya, saya yakin 100 persen, pandemi Covid-19 berakhir di Indonesia pada tanggal 17 Juni 2020.

Saran saya, pemerintah perlu menyiapkan strategi secepatnya dalam menata kembali perekonomian nasional, agar dampak pandemi Covid-19 di Tanah Air bisa diminimalisir. Badai pasti berlalu. Aamiin ya robbal alamin.

*Akademisi Universitas Gadjah Mada

Baca juga:

Berita terkait
Jokowi: Bantuan Sosial Harus Cepat Dibagikan
Bantuan sosial untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 memang sudah dibagikan, tetapi Jokowi menekankan pembagian harus cepat, harus segera.
Doni Monardo, Strategi Baru Hajar Covid-19
Hungry man becomes angry man. Kita tidak ingin arahnya ke sana. Doni Monardo menyampaikan strategi baru dalam menyelesaikan masalah Covid-19.
Cara Baru Jualan di Pasar Saat Pandemi Covid-19
Manusia makhluk berakal selalu temukan cara bertahan hidup di tengah pandemi Covid-19. Termasuk para pedagang di pasar, berjualan dengan cara aman.
0
Kominfo: Tokopedia Lapor Data Keuangan Aman
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate memastikan data akun dan keuangan Tokopedia dalam kondisi aman.