Bacaan Doa Sebelum dan Sesudah Wudhu

Membaca doa sebelum dan sesudah wudhu tidak boleh dilewatkan, maka dari itu simak doa sebelum dan sesudah wudhu.
Ilustrasi Wudhu (Foto:Tagar/ Pexels)

Jakarta - Sebelum melakukan ibadah kita harus menyucikan diri terlebih dahulu, salah satunya dengan berwudhu. Wudhu secara bahasa berarti bersih dan indah, lebih lengkapnya ialah menyucikan bagian-bagian anggota tubuh untuk menghilangkan hadats kecil.

Membaca doa sebelum dan sesudah wudhu tidak boleh dilewatkan, maka dari itu simak doa sebelum dan sesudah wudhu.


1. Doa Sebelum Wudhu

Sebelum mulai berwudhu, terdapat bacaan doa niat wudhu yang harus dilafazkan. Bacaan niat dalam berwudhu diartikan sebagai kesungguhan hati karena melaksanakan perintah Allah SWT dan mengikuti ajaran dari Rasulullah SAW semata.

Dalam HR Bukhari pun pernah menuliskan bahwa: "Rasulullah SAW menerangkan bahwa segala perbuatan tergantung kepada niatnya, dan seseorang akan mendapatkan balasan menurut apa yang diniatkannya..." (HSR. Bukhari dalam Fathul Baary, 1:9; Muslim, 6:48).

Berikut adalah doa niat wudhu yang perlu dibaca sebelum melakukannya:

Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."

Doa ini dibaca tepat setelah kita mengucapkan basmallah. Kemudian lanjut dengan melakukan gerakan wudhu.


2. Doa Sesudah Wudhu

Setelah selesai berwudhu, kita dianjurkan untuk tidak lupa membaca doa sesudah wudhu. Berikut adalah bacaan doa setelah wudhu dalam tulisan latin, dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia :

Asy-Hadu Alla Ilaaha Illallah Wahdahu Laa Syarikalah Wa Asyhadu Anna Muhammadan ‘Abduhu Wa Rosuluh, Allohummaj’alnii Minattawwaabiina Waj’alnii Minal Mutathohhiriin.

Subhanakallohumma Wa Bihamdika, Asy-Hadu Alla Ilaaha Illa Anta, Astagh-Firuka Wa Atuubu Ilaik.

Artinya: "Aku bersaksi bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku hamba yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagai orang yang bersuci.

Mahasuci Engkau Ya Allah dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu."

Itulah bacaan doa sebelum dan sesudah wudhu. Hal ini juga perlu diajarkan kepada anak sejak sedini mungkin, agar ia terbiasa dan dapat mengamalkan hingga besar.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Christian Sugiono Ajari Anak Sholat, Mualaf?
Christian Sugiono mengunggah foto dirinya sedang ajarkan anak salat. Warganet bertana-tanya apakah dia sudah mualaf. Sebagiannya berspekulasi.
Tentang Pelaksanaan Sholat Tarawih di Majalengka
Dalam surat edaran itu Bupati Majalengka Karna Sobahi, mewajibkan umat Islam di Majalengka tetap melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.
Wapres RI Sholat Idul Adha di Kampung Halaman
Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla bersama Ibu Mufidah Jusuf Kalla dan rombongan, kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kota Makassar, Sulsel, Sabtu 10 Agustus 2019.
0
Menkeu AS dan Deputi PM Kanada Bahas Inflasi dan Efek Perang di Ukraina
Yellen bertemu dengan Freeland dan janjikan kerja sama berbagai hal mulai dari sanksi terhadap Rusia hingga peningkatan produksi energi