Bacaan Doa Ketika Duduk di Antara Dua Sujud

Duduk diantaran dua sujud adalah duduk yang pertama sebelum duduk tasyahud atau gerakan yang dilakukan setelah sujud pertama.
Duduk di antara dua sujud (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Duduk diantaran dua sujud adalah duduk yang pertama sebelum duduk tasyahud atau gerakan yang dilakukan setelah sujud pertama. 

Duduk di antara dua sujud merupakan salah satu rukun salat, cara melakukannya yaitu dengan membentangkan punggung kaki kiri di lantai, dan mendudukinya, kemudian kaki kanan ditegakkan dan jari-jarinya menghadap kiblat.

Sajdah (Bahasa Arab: سجدة) atau sujud (Bahasa Arab: سجود) merupakan kata Arab yang dapat disamaartikan dengan perbuatan menempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki pada kondisi serentak di lantai dengan tujuan tertentu karena Allah pada waktu dan saat-saat tertentu.

Disebutkan dalam hadis riwayat Imam Al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abdullah bin Buhainah Al-Asadi, dia berkata:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَامَ فِي صَلَاةِ الظُّهْرِ وَعَلَيْهِ جُلُوسٌ فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

Artinya: "Sesungguhnya Rasulullah Saw berdiri dalam shalat Dzuhur padahal beliau belum duduk (tasyahud awal). Kemudian setelah beliau menyempurnakan shalatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir pada setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud ini sebelum beliau melakukan salam."

Begitu juga bacaan ketika duduk di antara dua sujud sahwi, dzikirnya sama dengan dzikir ketika duduk di antara dua sujud shalat.

رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii warzuqnii wahdinii wa ‘aafinii wa’fu ‘annii.

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku, kasihanilah aku, benarkanlah aku, angkatlah derajatku, karuniakanlah aku rezeki, berikan aku petunjuk, sehatkanlah aku, dan maafkanlah aku." Amin.[]


(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Doa Agar Diberikan Kemudahan dan Kelancaran Segala Urusan
Dalam agama Islam, doa melengkapi daya dan upaya agar apa yang sedang kita kerjakan bisa diberikan kemudah serta kelancaran.
Kumpulan 5 Doa Agar Permintaan Dikabulkan oleh Allah SWT
Ikhtiar yang diartikan merupakan berupaya serta berdoa serta Rasulullah juga mengarahkan sebagian doa mustajab. Berikut kumpulan doa-doanya.
Doa Agar Utang Cepat Lunas
Meskipun terdapat doa yang dapat membantu memudahkan seseorang dalam melunasi hutang, tetap harus diimbangi dengan usaha.
0
Bacaan Doa Ketika Duduk di Antara Dua Sujud
Duduk diantaran dua sujud adalah duduk yang pertama sebelum duduk tasyahud atau gerakan yang dilakukan setelah sujud pertama.