Baca Ini Ketika Lupa Membaca Doa Makan di Awal

Allah SWT menganugerahkan kita makanan agar bisa terus beraktivitas. Bagi umat muslim makanan adalah salah satu rezeki yang dilimpahkan-Nya.
Membaca Doa Sebelum Menyantap Makanan (Foto: Tagar/Pexels/Monstera)

Jakarta – Allah SWT menganugerahkan kita makanan agar bisa terus beraktivitas. Bagi umat muslim makanan adalah salah satu rezeki yang dilimpahkan-Nya. Sebelum makan, umat Islam harus membaca doa terlebih dahulu agar hidangan yang disantap membawa berkah.

Makan dapat dinilai sebagai ibadah jika diniatkan untuk beribadah atau agar ibadah kita kuat, tidak lemas. Untuk meniatkan ibadah, para ulama menuntun kita agar berdoa terlebih dahulu ketika hendak makan.

Namun terkadang kita lupa membaca doa sebelum makan. Biasanya terjadi karena makanan yang kita hadapi adalah hidangan yang lezat atau menarik hati kita. Akhirnya kita pun makan dengan lahap sampai lupa membaca doa.

Ulama mengatakan bahwa ketika seseorang hendak makan tetapi tidak membaca doa maka setan akan membarengi kita makan. Ia akan ikut makan makanan yang sudah kita siapkan, sehingga kadang, makanan yang disantap tidak barokah.

Imam Nawawi R.A berkata: “Jika seseorang meninggalkan membaca “bismillah” di awal karena sengaja, lupa, dipaksa, tidak mampu mengucapkannya karena suatu alasan, lalu ia bisa mengucapkan di tengah-tengah makannya, maka ia dianjurkan mengucapkan “Bismillaah awwalahu wa aakhirohu” (Al Adzkar, hal. 427, terbitan Dar Ibnu Khuzaimah).

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaah awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya).”

Seorang Muslim harus mengamalkan nilai-nilai Islam dalam segala aktivitasnya. Hendaknya mereka selalu mengawali melakukan segala hal dengan membaca basmalah dan doa, termasuk ketika akan makan.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Hari Vegan Sedunia 1 November, Ini Manfaat Kesehatan Pola Makan Vegan
Banyak penelitian mengatakan bahwa pola makan vegan juga membantu menurunkan berat badan.
Tantangan Global, Makanan dan Pola Makan
Tantangan global memengaruhi cara dan kebiasaan makan, sehingga perlu langkah-langkah kreatif untuk mencari makanan yang sehat di masa depan
Pentingnya Pola Makan Gizi Seimbang saat New Normal
Untuk menghadapi New Normal sangat penting untuk memperhatikan pola makan gizi seimbang. Karena berpengaruh pada daya tahan tubuh atau imunitas.
0
Baca Ini Ketika Lupa Membaca Doa Makan di Awal
Allah SWT menganugerahkan kita makanan agar bisa terus beraktivitas. Bagi umat muslim makanan adalah salah satu rezeki yang dilimpahkan-Nya.