UNTUK INDONESIA
Australia Terbuka Sediakan Hadiah Miliaran Rupiah
Turnamen tenis grand slam Australia Terbuka 2020 menyediakan hadiah miliaran rupiah yang juga jadi ajang pemecahan rekor bagi petenis kelas dunia
Salah satu lapangan pada turnamen grand slam Australian Open 2020 (Foto: tennisworldusa.org)

Jakarta – Turnamen tenis grand slam Australia Open 2020 yang berlangsung sejak tanggal 20 Januari 2020 dan berakhir 2 Februari 2020 hari memasuki babak perempat final. Selain merebut hadiah puluhan miliar rupiah, turnamen ini pun jadi ajang pemecahan rekor bagi petenis unggulan.

Di tunggal putri tidak terjadi persaingan sengit karena tidak ada yang mempertahankan gelar dan memecahkan rekor. Mereka adalah S. Kenin (AS, seeded 14) vs O. Jabeur (Turki) yang dimenangkan Kenin, Ashleigh Barty (Australia, seeded 1) vs Petra Kvitová (Ceko, seeded 7) dimenangkan oleh Barty, A. Kontaveit (Estonia, seeded 28) vs Simona Halep (Romania, seeded 4), dan Garbiñe Muguruza (Spanyol) vs Anastasia Pavlyuchenkova (Rusia, seeded 30).

Sedangkan di tunggal putra terjadi persaingan ketat karena ada pemecahan rekor yaitu jumlah juara grand slam antara Roger Federer (Swiss) yang mengantongi 20 kali juara grand slam dengan Rafael Nadal (Spanyol) yang sudah membukukan 19 juara grand slam.

Bagi Nadal ini kesempatan emas untuk memecahkan rekor Federer, sedangkan bagi Federer ini juga waktu untuk menambah rekor. Maklum, mereka sudah sampai ke perempat final.

rekor aus openPerbandingan rekor antar tiga petenis unggulan (Tagar/Syaiful W Harahap)

Di perempatfinal ada: T. Sandgren (AS) vs Roger Federer (Swiss, seeded 3), Milos Raonic (Kanada, seeded 32) vs Novak Đjoković (Serbia, seeded 2), Stanislas Wawrinka (Swiss, seeded 15) vs Alexander Zverev (Jerman, seeded 7), dan Rafael Nadal (Spanyol, seeded 1) vs Dominic Thiem (Austria, seeded 5).

Lawan Federer adalah petenis non unggulan, tapi bisa saja membuat kejutan. Sedangkan Djokovic menghadapi petenis unggulan walaupun peringkatnya jauh di bawah. Kalau Federer lolos, maka di semifinal Federer akan menghadapi pemenang antara Raonic vs Djokovic.

Sedangkan Nadal kelihatan akan kesulitan melawan Thiem karena Thiem pernah dua kali final di Roland Garros. Jika Nadal mengalahkan Thiem, di semifinal Nadal akan menghadapi pemenang antara Wawrinka vs Zverev. Sedangkan

Selain itu tiga tunggal putra yaitu Federer, Nadal dan Novak Djokovic (Serbia) berusaha merebut juara Australian Open 2020 untuk menambah gelar di grand slam ini. Sejauh ini Federer mencatat 5 kali juara, Nadal 1 dan Djokovic 7.

Selain mengejar rekor, turnamen ini pun menyediakan hadiah yang fantastis yaitu Rp 39 miliar untuk juara tunggal putra dan putri.

hadiah aus openBesaran hadiah turnamen tenis grand slam Australian Open 2020 (Foto: Tagar)

Selama ini grand slam dikuasai oleh petenis asal Eropa Barat dan Eropa Timur, Australia dan AS, tapi belakangan ini sudah muncul dari kawasan Asia yaitu China, Korsel dan Jepang serta dari negara-negara lain.

Sayang, Indonesia, dalam hal ini Kemenpora, tidak memberikan kesempatan yang luas kepada masyarakat untuk bermain tenis. Soalnya, tenis adalah olahraga mahal yang jadi mainan orang-orang kaya. Celakanya, tidak ada petenis yang muncul dari kancah klub-klub mahal dan mewah itu. []

Berita terkait
Petenis Remaja AS Gauff Singkarkan Naomi Osaka
Putaran ketiga turnamen tenis grand slam Australia Terbuka 2020 memunculkan anak ajaib, Coco Gauff, petenis AS yang kalahkan juara bertahan Osaka
Petenis Nomor 1 Dunia Ashleigh Barty Juara Adelaide
Menghadapi Australia Open yang mulai 20 Januari 2020 petenis nomor satu dunia asal Australia, Ashleigh Barty, menjuarai Adelaide International
Maria Sharapova Ikut Turnamen Tenis Brisbane
Setelah absen beberapa turnamen sejak Amerika Terbuka 2019, petenis Rusia Maria Sharapova kembali ke lapangan tenis yang dia mulai dari Brisbane
0
Megawati Umumkan Petarung PDIP di Pilkada 2020
Ketua Umum PDI Pejuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mengungkapkan calon kepala daerah gelombang I dalam Pilkada 2020 diisi para petahana.