UNTUK INDONESIA
Arteria Dahlan Politisi PDIP Alumnus Hukum UI
Arteria Dahlan lahir di Jakarta pada 7 Juli 1975 yang kini menjadi anggota legislatif dari Fraksi PDIP Dapil Jawa Timur VI.
Anggota Komisi III Arteria Dahlan. (Foto: Ant/Ist)

Jakarta - Arteria Dahlan anggota legislatif dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur VI. Pada pemilu 2014, Arteria gagal menjadi anggota DPR periode 2014-2019. 

Kemudian Arteria dilantik menjadi anggota dewan pada 23 Maret 2015, pengganti antar waktu (PAW) menggantikan Djarot Syaiful Hidayat yang ditunjuk PDIP menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, mendampingi Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Sejak 11 September 2017 Arteria mulai bertugas di Komisi III yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) ini duduk di Komisi II yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur & reformasi birokrasi dan kepemiluan.

Sebelumnya, pada pertengahan Juni 2017 Arteria resmi bertugas di Komisi VIII DPR-RI yang membidangi agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan setelah sebelumnya bertugas di Komisi II DPR-RI. 

Setelah itu, sejak 11 September 2017 Arteria mulai bertugas di Komisi III yang membidangi hukum, HAM, dan keamanan.

Arteria Dahlan mengusulkan penggunaan hak inisiatif DPR RI atas perubahan pada Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dimasukkan dalam Prolegnas 2015.

Arteria sebelumnya sempat berkarier di dunia peradilan dengan menjadi pengacara di Kantor Hukum Hutabarat, Halim & Rekan pada 2000. Setelah itu, pada tahun 2006, ia bergabung di Partner di Kantor Hukum Bastaman & Co.

Pada 2009, Arteria mendirikan kantor hukum yang diberi nama Kantor Hukum Arteria Dahlan Lawyers. Pria kelahiran Jakarta ini juga aktif beorganisasi di asosiasi pengacara dan menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal DPP Serikat Pengacara Indonesia (DPP SPI).

Arteria menjadi Ketua Badan Bantuan Hukum dan Advokasi DPP PDI Perjuangan. Ia sempat menangani perkara pilkada calon-calon dari PDIP antara lain Rieke Dyah Pitaloka dan Teten Masduki pada pemilihan gubernur Jawa Barat tahun 2013.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Ngurah Puspayoga pada pemilihan gubernur Bali 2013 dan Effendi Simbolon & Djumiran Abdi pemilihan gubernur Sumatera Utara 2013.

Arteria juga aktif menjadi advokat di kasus-kasus dan organisasi yang sarat dengan konflik. Arteria juga adalah Kuasa Hukum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) dan diperbantukan dalam Tim Legal Sekretariat PSSI 2006-2009 dan menjadi Legal Advisor Komite Normalisasi PSSI (2011).

Pendidikan

  • SDN GUNUNG 01 Pagi (1981–1987)
  • SMPN II Jakarta Selatan (1987–1990)
  • SMAN 70 Bulungan, Jakarta Selatan (1990–1993)
  • Teknik Elektro, Universitas Trisakti (1993–1999)
  • Ilmu Hukum, Universitas Indonesia (1994–1999)
  • Ilmu Hukum Ketatanegaraan, Universitas Indonesia (2012–2014)

Karier

  • Pimpinan Arteria Dahlan Lawyers
  • Wakil Sekretaris Jenderal DPP Serikat Pengacara Indonesia (DPP SPI)
  • Kuasa Hukum Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI)
  • Tim Legal Sekretariat PSSI (2006–2009)
  • Penasihat Hukum Komite Normalisasi PSSI (2011)
Berita terkait
Kronologi Perdebatan Arteria Dahlan Vs Emil Salim
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan berdebat dengan Ekonom Senior Indonesia Emil Salim terkait UU KPK.
Sikap Arteria Dahlan Terhadap Emil Salim Tuai Kecaman
Sikap anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan terhadap Ekonom Senior Indonesia Emil Salim menuai kecaman warganet.
Serang Emil Salim, Ini Pembelaan Arteria Dahlan
Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mengungkapkan sikap yang ditunjukan saat berdebat dengan Ekonom Senior Emil Salim benar.
0
Terkena Flu Burung, Puluhan Ekor Ayam Dimusnahkan
Puluhan ekor ayam di Tegal dimusnakah karena positif terserang virus flue burung