UNTUK INDONESIA
Arema FC vs Persib, Duel 2 Mantan Pelatih
Laga besar yang mempertemukan dua mantan pelatih saat Arema FC menghadapi Persib Bandung. Duel di ajang Shopee Liga 1 2020, Minggu, 8 Maret 2020.
Arema FC melawan Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020, mempertemukan dua mantan pelatih. Pelatih Arema FC Mario Gomez (kanan) pernah mengarsiteki Persib yang kini ditangani Robert Rene Alberts. (Foto: Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang - Laga besar yang mempertemukan dua mantan pelatih saat Arema FC menghadapi Persib Bandung di pekan ke-2 Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu, 8 Maret 2020 pukul 15.30 WIB. Duel tim yang sama-sama identik warna biru yang tampil dengan kekuatan baru dari pelatih yang menghadapi eks klubnya. 

Pelatih Arema FC Mario Gomez maupun pelatih Persib Robert Rene Alberts memiliki memori kenangan dengan klub yang dihadapinya. Bahkan Arema FC tak akan melupakan Alberts yang membawa tim meraih titel Indonesia Super League (ISL) pada 2009-10. Selanjutnya, Singo Edan tak pernah lagi menjadi juara liga. 

Sedangkan Gomez sempat menukangi Maung Bandung di kompetisi Liga 1 2018. Dari Persib, dirinya kemudian pindah ke Borneo FC. Dan di musim ini, Gomez berlabuh di Arema FC.

Paling penting tiga poin. Karena masih ada 32 pertandingan lagi di kompetisi ini. Tentunya kemenangan itu sangat berarti bagi Aremania

Meski begitu, kedua pelatih sama-sama tidak memikirkan tentang masa lalu. Gomez, misalnya, cukup sukses dengan mengangkat Persib dari keterpurukannya dan menempati peringkat 4 di klasemen akhir musim 2018.

"Saya pernah menangani Persib dan memiliki kenangan bagus di sana. Namun kami tetap profesional dan saya akan bekerja untuk kemenangan Arema FC," kata pelatih asal Argentina ini.

Dijelaskan oleh dia, memori indah bersama klub lama memang tidak bisa dihapus. Akan tetapi, saat ini dia mengaku lebih fokus untuk bagaimana Singo Edan bisa menang di hadapan Aremania yang pastinya akan memadati stadion.

"Paling penting tiga poin. Karena masih ada 32 pertandingan lagi di kompetisi. Tentunya kemenangan itu sangat berarti bagi Aremania,” tutur mantan asisten pelatih Hector Cuper dan ikut membawa Valencia dua kali ke final Liga Champions.

"Yang jelas, saya selalu menikmati di klub yang saya latih. Baik di Johor, di Bandung maupun sekarang ini di Arema FC," ujar dia lagi. 

Gomez yang pernah menjadi asisten pelatih Inter Milan ini menuturkan saat ini Arema FC bekerja keras mengamankan posisi di papan atas klasemen. Pasalnya persaingan musim ini sudah berjalan ketat sejak awal pekan. Terbukti juara bertahan Bali United ditahan tim promosi Persita Tangerang. Begitu pula Persebaya Surabaya yang nyaris kalah saat melawan Persik Kediri.

Arema FC pun berpeluang naik ke posisi puncak bila menang atas Persib. Namun Persib juga memiliki harapan menduduki peringkat pertama. Ini yang menjadikan big match tersebut akan menarik.

"Ini laga penting untuk kami dan Persib karena sama-sama ingin menjaga posisi di papan atas. Apalagi ini laga home pertama Arema FC dan kita target kemenangan untuk Aremania," kata pelatih berusia 47 ini menegaskan.

"Mereka punya dua pemain asing yang bagus, Geoffrey Castillion dan Wander Luiz, terutama di posisi striker. Saya sudah melihat kemampuan mereka sejak pertama. Dan kami respek dengan setiap tim yang menjadi lawan Arema FC. Tetapi, saya lebih fokus pada tim sendiri," ucapnya.

Pelatih Alberts Tak Lupakan Malang

Sementara itu, pelatih Albert mengaku senang bisa kembali lagi ke Malang. Pasalnya, kota itu merupakan tempat pertama dia saat datang ke Indonesia. Namun, kini dirinya harus melawan tim yang pernah ditanganinya.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menganggap laga melawan Arema FC sangat penting. Dia berharap bisa membawa pulang poin dari Malang demi mengamankan posisi di klasemen.

"Laga yang selalu menarik bagi saya karena Malang adalah rumah pertama di Indonesia. Ini juga menjadi laga penting kami. Prtandingan juga diharapkan berjalan fair dan sesuai aturan," tutur Alberts

"Kami ingin meraih poin agar tetap di papan atas. Persib sendiri sangat antusias menghadapi laga ini dan berjanji akan memainkan sepak bola yang positif," ujar pelatih 65 tahun ini.

Prakiraan Susunan Pemain 

Arema FC (4-4-2): Kartika Ajie-Matias Malvino, Bagas Adi Nugroho, Johan Farizi, Taufik Hidayat, Hendro Siswanto, Hanif Sjahbandi, Oh In Kyun, Kushedya Hari Yudo, Jonathan Bauman, Elias Alderete

Pelatih: Mario Gomez

Persib Bandung (4-4-2): Teja Paku Alam-Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Supardi Nasir, Ardi Idrus, Omid Nazari, Dedi Kusnandar, Febri Hariyadi, Esteban Vizcarra, Wander Luiz, Geoffrey Castillion

Pelatih: Robert Rene Alberts []

Berita terkait
Jadwal Liga 1, Arema FC vs Persib Tetap Digelar
Laga Arema FC melawan Persib Bandung di Shopee Liga 1 2020 tetap digelar sesuai jadwal. Virus corona hanya batalkan laga Persija lawan Persebaya.
Polres Malang Jaga Ketat Laga Arema Vs Persib
Polres Malang mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan laga Arema FC Vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang.
Panpel Arema FC Sediakan Tiket untuk Bobotoh
Persib Bandung tidak sendirian saat menghadapi Arema FC di Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Suporter Persib diizinkan datang ke Malang beri dukungan.
0
IPB Jelaskan Gejala Hewan Terinfeksi Virus Corona
Kepala Rumah Sakit Hewan Pendidikan Institut Pertanian Bogor (IPB) Deni Noviana menjelaskan gejala hewan yang terinfeksi virus corona (Covid-19).