UNTUK INDONESIA
Polres Malang Jaga Ketat Laga Arema Vs Persib
Polres Malang mengerahkan 1.700 personel untuk mengamankan laga Arema FC Vs Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang.
Kapolres Malang AKBP Hendri Umar saat memimpin simulasi pengamanan di Stadion Kanjuruhan, Malang. (Foto: Polres Malang/Tagar/Moh Badar Risqullah)

Malang - Kepolisian Resort Malang tak ingin kecolongan saat laga Bigmatch pekan kedua Liga 1 2020 antara Arema FC melawan Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang pada Minggu, 8 Maret 2020. Polres Malang mengerahkan 1.700 personel kemananan untuk mengamankan laga tersebut.

Kepala Polres Malang Ajun Komisaris Besar Hendri Umar mengatakan dalam laga bigmatch ini tentunya akan menarik banyak animo penonton. Apalagi, rencana kehadiran Bobotoh ke Malang untuk menyaksikan pertandingan tim kesayangannya. Ia sudah menyiapkan sistem pengamanan dibagi menjadi empat ring.

"Ini kan pasti ramai. Makanya, kita usahakan sebaik mungkin mengerahkan keamanan agar pertandingan berjalan lancar," ujarnya.

Dipaparkannya, ribuan personel kepolisian yang bertugas itu memiliki beberapa fungsi yang dibagi menjadi empat ring. Pertama, ada personel yang fokus mengamankan area di dalam pinggir stadion agar suporter tidak masuk ke lapangan.

Ini kan pasti ramai. Makanya, kita usahakan sebaik mungkin mengerahkan keamanan agar pertandingan berjalan lancar.

Kedua, yaitu personel kemanan yang khusus bertugas di tribun stadion. Tujuannya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penonton selama pertandingan berlangsung. Sekaligus, dalam hal ini melakukan pengecekan kepada suporter yang kedapatan membawa flare, petasan, kembang api dan minuman keras di setiap gate tribun.

Ketiga, personel pengamanan yang bertugas mengantisipasi adanya copet dan curanmor di luar stadion. Karena, hal itu dikatakannya masih marak terjadi. Ke empat yaitu personel pengamanan ditempatkan di sepanjang rute masuk keluarnya ke area Stadion Kanjuruhan. 

Tujuannya agar lalu lintas tetap lancar mulai dari sebelum atau sesudah pertandingan.

Dari semua personel keamanan tersebut disampaikan Hendry dari berbagai unsur keamanan, diantaranya Brimob, Sabhara Polda Jatim dan Polres-polres tetangga.

"Jadi, seperti Polres Blitar Kota/Kabupaten, Pasuruan Kota/Kabupaten, Malang Kota dan juga Batu. Semua akan kita libatkan untuk keamanan dalam laga ini," paparnya.

Dengan adanya ini, Hendri berharap Aremania ikut mensukseskan pertandingan ini dengan bisa tertib diluar ataupun didalam stadion.

"Ayo (Aremania) bersama-sama ikut jaga ketertiban dan keamanan dengan beretika baik sebagai tim tuan rumah dalam laga ini," tuturnya. []

Berita terkait
Panpel Arema FC Sediakan Tiket untuk Bobotoh
Persib Bandung tidak sendirian saat menghadapi Arema FC di Malang, Minggu, 8 Maret 2020. Suporter Persib diizinkan datang ke Malang beri dukungan.
Dituduh Penipu, Ustaz Yusuf Mansur: Didoain Saja
Polrestabes Surabaya memastikan penipuan promosi perumahan syariah di Sidoarjo mencatut nama Ustaz Yusuf Mansur.
Polresta Banyuwangi Ungkap Komplotan Pemalsu Dokumen
Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara mengatakan pemalsuan dokumen dilakukan untuk digunakan pengajuan kredit kendaraan bermotor.
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.