UNTUK INDONESIA

April Bersiaplah! 264 Formasi CPNS Kabupaten Agam Tahun 2021

Kabupaten Agam kembali mengajukan penambahan 264 formasi CPNS Tahun 2021. Pengadaan CPNS diprediksi dimulai April mendatang. Ini penjelasannya.
Peserta CPNS Kabupaten Agam mendaftarkan diri di meja panitia seleksi pada 2019 lalu. (Foto: Tagar/Istimewa)

Agam - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) kembali mengajukan penambahan 264 formasi CPNS Tahun 2021. Informasi yang beredar pengadaan CPNS dimulai April mendatang, diutamakan untuk mengisi jumlah kebutuhan guru, tenaga kesehatan serta tenaga teknis lainnya. 

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan guru kelas dan guru bidang studi, Pemkab Agam juga mengajukan 514 calon PPPK.

“Akumulasi jumlah pegawai pensiun setiap tahun di Kabupaten Agam berkisar antara 250 hingga 300 orang. Sementara pengangkatan pegawai baru sangat terbatas dan tidak bisa dilakukan setiap tahun,” sebut Kepala BKPSDM Agam, Budi Perwira Negara, Senin, 22 Februari 2021.

“Sebut saja misalnya pengangkatan CPNS tahun 2019 yang hanya berjumlah 93 orang. Tentunya, selisih jumlah pensiun dengan jumlah pegawai baru sangat jauh sekali,” imbuh Budi.

Dijelaskan Budi, pengangkatan pegawai baru, dapat dilakukan melalui dua prosedur, yaitu seleksi CPNS dan PPPK. Pengusulan penambahan tersebut sudah dikirimkan ke Menpan RB pada September 2020 lalu.

“Pemkab Agam mengajukan 264 Formasi CPNS, dan 514 Calon PPPK. Ini sifatnya baru pengusulan sesuai tahapan yang dipersyaratkan Menpan RB. Nanti jumlah ini akan dievaluasi lalu diturunkan lagi ke pemerintah daerah,” jelas Budi.

Kebutuhan jumlah pegawai tersebut didapatkan setelah melalui proses analisis jabatan dan analisis beban kerja sesuai PP Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dalam peraturan itu disebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten/Kota boleh mengajukan kebutuhan pegawai apabila sudah memenuhi syarat melakukan analisis jabatan dan beban kerja pegawai di setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada.

Kepala Bidang Pengadaan, Pensiun, Data dan Informasi BKPSDM Agam, Syahrul menjelaskan lebih lanjut dimana total Belanja Tidak Langsung atau total anggaran yang dialokasikan Pemkab Agam untuk gaji pegawai sebagaimana tertera dalam APBD 2021 mencapai Rp. 672.334.811.618 (enam ratus miliar rupiah lebih, red).

“Jumlah PNS yang ada di Kabupaten Agam per Desember 2020 berjumlah 6.282 orang. Kemudian total Pegawai Tidak Tetap (PTT) berjumlah 220 orang, dan Tenaga Kontrak berjumlah 241 orang. Dengan belanja pegawai yang masih di bawah 50 persen dari APBD 2021, maka tahun ini sejatinya Pemkab Agam masih boleh diakomodir untuk pengadaan CPNS,” jelas Syahrul.[]

Berita terkait
Mendikbud Membantah Tutup Formasi Guru Pada CPNS 2021
Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengoreksi informasi yang beredar bahwa tidak ada CPNS guru 2021
Panitia CPNS Gadungan Sumbar Ditangkap di Padang
Seorang perempuan asal Jambi diringkus Polresta Padang. Dia diduga menipu dengan modus menjamin kelulusan CPNS.
Pemerintah akan Rekrut Satu Juta Guru PPPK Tahun 2021
Pemerintah akan merekrut Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak tahun 2021.
0
April Bersiaplah! 264 Formasi CPNS Kabupaten Agam Tahun 2021
Kabupaten Agam kembali mengajukan penambahan 264 formasi CPNS Tahun 2021. Pengadaan CPNS diprediksi dimulai April mendatang. Ini penjelasannya.