Apa yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Properti?

Agar propertimu mendapatkan penghasilan, perlu mengetahui beberapa hal sebelum membelinya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.
Properti (Foto: Tagar/Pexels/Kindel Media)

Jakarta - Membeli properti menjadi salah satu cara yang efektif untuk menambah penghasilan. namun, perlu ada banyak pertimbangan sebelum membelinya. Pastikan kamu mengevaluasi pemasukan, pengeluaran, return, imbalan, dan risiko yang datang bersama properti itu. Hal ini bisa membuat investasimu bermanfaat sebaik-baiknya.

Ketika mencari properti, penting untuk mengetahui apakah properti yang kamu beli bisa menghasilkan pendapatan yang layak atau tidak. Salah satu manfaat utama membeli properti ya karena bisa mendatangkan penghasilan darinya. 

Agar propertimu mendapatkan penghasilan, perlu mengetahui beberapa hal sebelum membelinya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum membeli properti:


Berapa Biaya Memiliki Properti?

Untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat, sebaiknya memecah biaya properti menjadi dua kategori, yaitu biaya operasional dan pengeluaran modal. Biaya operasional, meliputi pajak properti, asuransi properti, dan biaya manajemen properti. Jangan lupa juga dimasukkan biaya yang akan ditanggung jika properti tidak dihuni untuk sementara waktu.

Sementara biaya pengeluaran modal terkadang menjadi biaya yang besar dan tidak direncanakan. Misalnya, mengganti AC yang rusak, atap yang rusak, pagar, lantai, atau pipa. Misalnya, kamu berpikir untuk biaya operasional sebesar 15 juta per tahun. Kamu juga harus menyisihkan tambahan sebesar 15 juta per tahun untuk pengeluaran modal.


Keuntungan dan Risiko

Keuntungan membeli properti, meliputi:

  • Menerima pendapatan pasif
  • Properti milikmu bisa meningkat harganya
  • Mendapatkan keuntungan dari diversfikasi.

Kamu tidak perlu bekerja untuk menghasilkan uang karena mempunyai properti. Selain itu, juga bisa menjadi sumber dana pensiun. Sementara risiko mempunyai properti meliputi:

  • Tidak ada yang mengisi/menghuni/menyewanya.
  • Propertimu bisa rusak
  • Bertemu dengan penyewa yang buruk
  • Propertimu bisa turun nilainya.

Dibalik itu semua, membeli properti dapat memberikan sumber pendapatan yang stabil, tetapi sama halnya dengan investasi lain, kamu harus perlu tahu risikonya sebelum membeli.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Inilah 5 Risiko Investasi Properti yang Perlu DIketahui
Apabila Anda gagal memperoleh keuntungan, atau lokasi tidak mendukung Anda bisa terjebak dengan properti itu selamanya.
Ragam Keuntungan Investasi Properti
Artinya, setelah 3 – 5 tahun perkembangan nilainya sudah cukup berarti untuk menghasilkan capital gain (selisih harga beli dan harga jual)
Ragam Investasi Properti untuk Pariwisata
ektor pariwisata cukup luas, tidak hanya mencakup bisnis travel melainkan juga bisnis penginapan.
0
Apa yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Properti?
Agar propertimu mendapatkan penghasilan, perlu mengetahui beberapa hal sebelum membelinya. Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui.