Anies: Satpol PP Jakarta Berperan dalam Disiplinkan Warga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejak masa PSBB hingg masa PPKM Darurat Satpol PP DKI Jakarta berperan dalam mendisiplinkan warga.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tagar/Instagram/aniesbaswedan)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejak masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat  (PPKM) Darurat, Satpol PP DKI Jakarta berperan besar dalam mendisiplinkan masyarakat dan menegakkan aturan protokol kesehatan 5M.

Protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

"Ibu dan Bapak petugas Satpol PP adalah perwakilan pemerintah yang setiap hari bertemu langsung dengan masyarakat di lapangan, tantangannya tentu tidak sederhana," ujar Anies melalui unggahannya yang dilihat, Jumat, 16 Juli 2021. 


Sapa mereka dengan hati tegur dengan hati dan perlakukan mereka sebagai saudara sendiri yang sedang dalam kondisi sulit.

 

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh Satpol PP DKI Jakarta yang telah menjalankan tugas dan amanat dengan baik dalam mendisiplinkan warga. 

"Pada Apel Virtual hari ini kami sampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran Satpol PP DKI Jakarta yang telah menjalankan tugas dan amanat dengan baik. Terima kasih telah menunjukkan bahwa Satpol PP DKI Jakarta adalah petugas yang beradab dan menjunjung tinggi etika," kata Anies. 

Menurutnya ketika memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara. Pastikan, kata Anies semuanya berjalan tegas, tak pandang bulu dan tetap beradab. 

:Pesan pada semua, ketika Anda memakai seragam Satpol PP berarti bertindak atas nama negara. Pastikan proses pendisiplinan berjalan dengan tegas, tidak pandang bulu, dan tetap beradab, jaga marwah Satpol PP," ujarnya. 

Saat ini rakyat kebanyakan sedang dalam kondisi sulit, lanjut Anies, tidak menutup kemungkinan bahwa Satpol PP akan menemui orang-orang yang melanggar karena kebutuhan. Itu berbeda dengan orang-orang yang melanggar karena keserakahan.

"Sapa mereka dengan hati, tegur dengan hati, perlakukan mereka sebagai saudara sendiri yang sedang dalam kondisi sulit. Tetap tegakkan disiplin dengan rasa hormat dan rasa kasih," ujar Anies. []

Berita terkait
Empat Permintaan Anies ke Jokowi Soal PPKM Darurat
Anies Baswedan meminta empat hal penting untuk menunjang pelaksanaan PPKM Mikro Darurat dalam mengendalikan lonjakan kasus Covid-19.
Jokowi Minta Anies Jalankan Herd Immunity di Jakarta
Presieden Joko Widodo minta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera wujudkan herd immunity di Jakarta paling lambat Agustus 2021.
LIPI: Karakter Politik Anies Berdasarkan Tanggal Lahir
Pakar Politik LIPI Wasisto Raharjo Jati mengatakan karakter politik dan gaya kepemimpinan Anies Baswedan berdasarkan tanggal lahirnya.
0
Anies: Satpol PP Jakarta Berperan dalam Disiplinkan Warga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sejak masa PSBB hingg masa PPKM Darurat Satpol PP DKI Jakarta berperan dalam mendisiplinkan warga.