Anggaranmu Gak Jalan? Coba Deh Cek 10 Alasan Ini

Anggaran biasanya mengatasi masalah pengeluaran dan utang dengan rencana jangka panjang dan jarang memberikan dampak langsung.
Ilustrasi foto membuat anggaran (Foto: Tagar/Pexels/RODNAE Production)

Jakarta - Menggunakan anggaran untuk mengelola uang menjadi salah satu kunci untuk melunasi utang. Selain itu, ada banyak manfaat yang bisa didapat jika kamu bisa membuat dan mengikuti anggaran. Namun, kadang-kadang anggaran tidak berhasil begitu saja.

Ada banyak alasan potensial kenapa anggaran tidak bekerja. Bisa saja angka-angka yang kamu buat tidak cocok atau mungkin saja kamu menghabiskan lebih dari yang dianggarkan. Di bawah ini ada beberapa alasan umum anggaran tidak bekerja.


Belum Memberikan Cukup Waktu

Anggaran biasanya mengatasi masalah pengeluaran dan utang dengan rencana jangka panjang dan jarang memberikan dampak langsung. Jika selama beberapa bulan dan kamu belum melihat dampaknya, mungkin kamu hanya perlu bersabar. Yang bisa kamu lakukan untuk beberapa bulan pertama adalah menilai kembali anggaran dan melakukan penyesuaian.


Pengeluaran Lebih Tinggi

Jika laba bersihmu menunjukkan angka negatif, kamu menghabiskan lebih banyak uang daripada penghasilanmu. Masalahnya bukan pada anggaran, melainkan ada pada pengeluaranmu. Tinjau setiap kategori pengeluaran dan cari tahu mana yang bisa dikurangi.

Langkah ini bisa menjadi sulit, terutama kamu menghabiskan terlalu banyak uang di kategori membuatmu nyaman. Namun, belajar hidup sesuai kemampuan akan membawamu dalam posisi keuangan yang jauh lebih baik.


Tidak Mempunyai Cukup Uang untuk Dianggarakan dalam Beberapa Kategori

Sangat mudah meremehkan berapa banyak yang kamu belanjakan dalam beberapa kategori. Apalagi biaya yang bisa bervariasi setiap bulannya, seperti makanan. Jika kamu terlalu mengeluarkan banyak uang di kategori tersebut, mungkin perlu meningkatkan anggaran di sana. Ingat, hal ini bisa mengurangi pengeluaranmu di kategori lain agar tidak melampui anggaran.


Tidak Berpegang Teguh

Kamu harus benar-benar menggunakan anggaran jika ingin anggaran itu berhasil. Jangan hanya menulis di kertas, tempelkan di kulkas, dan melupakannya. Lacak pengeluaranmu dan bandingkan dengan apa yang sudah kamu anggarkan.


Tidak Menikmati Hobi

Hidup dengan anggarana bukan berarti kamu tidak bisa menikmati hobi dan liburan yang biasa dilakukan. Kamu bisa saja menemukan waktu yang lebih mudah jika berpegang pada anggaran. 

Hal ini bisa terjadi saat kamu memutuskan berapa banyak yang akan dikeluarkan untuk belanja dan liburan. Memotong semua kesenangan akan membuatmu membenci anggaran. Bukan itu tujuannya. Kamu masih bisa bersenang-senang bersama dengan anggaran.


Lebih Fokus pada Alat daripada Rencana

Anggaran yang sukses tidak terpaku pada spreadsheet atau aplikasi baru. Memang menyenangkan mencoba aplikasi baru, tetapi kamu bisa menuliskan anggaran pada kertas atau catatan di ponsel dan membuatnya efektif.


Tidak Menyesuaikan

Anggaran bukanlah sebuah kontrak yang mengikat secara hukum dan tidak bisa diubah. Sebaliknya, kamu harus menyesuaikan anggaran dari waktu ke waktu. Jika penghasilan dan pengeluaran berubah, pastikan anggaranmu juga berubah dan menyesuaikannya. Perubahan besar dalam hidup, seperti pernikahan, kelahiran anak, atau perceraian akan membutuhkan penyesuaian anggaran yang sama besarnya.


Tidak Berlatih Disiplin

Berpegang pada anggaran mengharuskanmu untuk mengatakan ‘tidak’ pada beberapa pembelian yang tidak direncanakan. Berlatihlah untuk disipilin dan menunda beberapa pembelian yang tidak dianggarkan.


Lupa Memasukan Beberapa Biaya

Jika tidak memasukkan setiap biaya dalam anggaran, akan terlihat tidak seimbang saat membandingkan pengeluaran dan penghasilan.


Tidak Memiliki Dana Darurat

Dana darurat membuatmu siap untuk biaya yang tidak terduga. Jika kamu tidak mempunyai dana darurat, mulailah dari sekarang menyisihkan beberapa ratus ribu setiap bulan. Salah satu tujuan dana darurat adalah mencukupi biaya hidup tiga sampai enam bulan.

Itulah sepuluh alasan yang umum bisa menjadi penyebab anggaranmu tidak jalan. Penganggaran tidak selalu menyenangkan, tetapi tidak juga menyakitkan. Dengan menghindari alasan-alasan ini, kamu bisa membuat anggaran yang benar-benar bekerja untukmu. Anggaran bisa menjadi teman baik jika kamu membiarkannya.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Tips Agar Anggaran Keuangan Kamu Bisa Berhasil
Sebagian besar orang yang mengikuti anggaran merasa lebih bisa memegang kendali, lebih percaya diri, dan lebih aman.
Anti Boros! Ini Tips agar Pengeluaran Tetap pada Anggaran Bulanan
Buatlah anggaran per bulan. Sehingga, uang tidak lenyap seketika karena tidak adanya penghitungan.
Bagaimana Melakukan Anggaran dengan Pasangan?
Setiap orang bisa berkontribusi dalam jumlah yang sama atau tergantung pada pendapatan masing-masing.
0
Surya Paloh Sebut Nasdem Tidak Membajak Ganjar Pranowo
Bagi Nasdem, calon pemimpin tak harus dari internal partai. Ganjar Pranowo kader PDIP itu baik, harus didukung. Tidak ada membajak. Surya Paloh.