3 Trik Rahasia Menabung dengan Anggaran Ketat

Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.
Ilustrasi foto Saving Money (Foto: Tagar/Getty Images/simon2579)

Jakarta - Penting untuk menemukan cara baru untuk menabung secara teratur. Jika menjadikan tabungan sebagai sebuah kebiasaan, kamu akan berada di posisi yang jauh lebih baik di kemudian hari.

Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.

Apakah kamu tertarik mengetahui rahasia menabung? Untungnya, ada beberapa rahasia yang dapat digunakan untuk berhemat, meskipun kamu merasa tidak ada uang yang bisa disimpan.

Namun, rahasia ini bukan hanya sekadar rahasia, tetapi praktik terbaik dalam menciptakan anggaran, melunasi utang, dan kebiasaan menabung.


Trik Rahasia #1: Penganggaran

Pertama, kamu harus membuat budget atau anggaran. Sebelum menabung, kamu harus terlebih dahulu mengetahui ke mana saja pengeluaranmu. Bagaimana bisa kamu memotong pengeluaran atau menemukan sisa uang jika tidak tahu ke mana uangmu pergi? Itulah mengapa anggaran sangat penting.

Membuat anggaran bukanlah proses yang sulit. Kamu hanya perlu mengetahui pengeluaran setiap bulan dan menyeimbangkannya dengan penghasilan. Setelah mengetahui di mana saja pengeluaran, kamu bisa mengidentifikasi masalah. 

Kemudian kamu bisa menguranginya. Misalnya, untuk makan malam di luar berapa kali, atau memesan barang mahal. Kamu bisa memotongnya dan memasukannya ke tabungan.

Kuncinya adalah seberapa banyak uang yang kamu ambil dan ke mana uang itu akan pergi, tetapi kamu tidak perlu melacak setiap rupiah yang dihabiskan.


Trik Rahasia #2: Otomatis

Kamu mungkin pernah membayar tagihan dan membeli bahan makanan, sebelum memutuskan seberapa banyak yang dapat dimasukkan ke dalam tabungan. Jumlah yang tersisa mungkin kecil dan kamu merasa khawatir jika tidak mempunyai uang sebelum gajian berikutnya. Akhirnya, kamu tidak memasukan uang ke dalam tabungan. Keputusan ini bisa menjadi kesalahan besar.

Kamu perlu berpikir tabunganmu seperti tagihan lainnya. Tagihan listrik jatuh tempo tiap bulan dan kamu harus membayarnya. Begitu juga dengan menabung. Namun, memikirkan tabungan bulanan sebagai tagihan lainnya tidak cukup. Di situlah kamu perlu membuatnya secara otomatis. Kamu perlu membuat rencana tabungan secara otomatis, di mana kamu bisa mengirim uang ke rekening tabungan sebelum memiliki kesempatan untuk memakainya.


Trik Rahasia #3: Pengeluaran yang Lebih Sedikit

Trik ini adalah kunci keuangan pribadi. Jika kamu tidak bisa melakukannya, kamu tidak dapat menggunakan trik rahasia lainnya. Akhirnya, kamu tidak akan pernah bisa menabung. Kamu harus membuat pengeluaran lebih sedikit daripada penghasilan.

Trik rahasia pada artikel ini seperti prinsip akal sehat. Sebagian besar kita tahu perlu menganggarkan uang kita dan menyisihkan uang untuk masa depan, tetapi banyak dari kita tidak bisa melakukannya. Ketiga prinsip pengelolaan uang yang sehat ini adalah pondasi dari keuangan pribadi.


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Cara Menghasilkan Uang dari Video Games
Game tester menjadi salah satu profesi yang menyenangkan karena tidak membutuhkan banyak modal untuk bisa mendapatkan penghasilan.
Cara Menetapkan Tabungan dan Tujuan Keuangan
Menabung menjadi penting agar kehidupan keuangan kita lebih baik. Menyimpan uang di bank dapat membuatmu lebih mudah mengatasi keadaan darurat
15 Cara Memulai Usaha Kuliner Sukses Untuk Pemula
Bisnis kuliner adalah jenis usaha yang bergerak dibidang makanan dan bisa jadi ladang cuan yang bisa membalikkan modal dengan cepat.
0
3 Trik Rahasia Menabung dengan Anggaran Ketat
Kamu bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman, membeli rumah baru, atau siap menghadapi keadaan darurat.