5 Tips Agar Anggaran Keuangan Kamu Bisa Berhasil

Sebagian besar orang yang mengikuti anggaran merasa lebih bisa memegang kendali, lebih percaya diri, dan lebih aman.
Anggaran keuangan (foto: Tagar/Pexels/Karolina Grabowska)

Jakarta - Salah satu penelitian menunjukkan uang menjadi salah satu sumber stres, lebih dari hubungan dan pekerjaan. Membuat anggaran dan mematuhinya dapat mengurangi stres karena keuangan. Sebagian besar orang yang mengikuti anggaran merasa lebih bisa memegang kendali, lebih percaya diri, dan lebih aman.

Kamu ingin melakukannya, tetapi tidak tahu bagaimana caranya? Beberapa tips di bawah ini bisa membantumu untuk mulai penganggaran. Berhenti membuat alasan untuk tidak melakukan anggaran dan hindari kesalahan penganggaran dengan tips yang bermanfaaat ini.


Sebelum Penganggaran

Sebelum melakukan penganggaran, kamu perlu memutuskan rencana apa yang ingin dilakukan. Kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal ini:

Tuliskan tiga hal yang ingin dicapai dalam lima atau 10 tahun ke depan. Misalnya, memiliki rumah, menikah, atau menjalankan bisnis sendiri.

Tuliskan dua hal yang ingin dicapai pada tahun depan dan berhubungan dengan keuangan. Misalnya, melunasi utang, membangun dana darurat, atau memulai karir baru.

Tuliskan satu hal yang ingin dicapai bulan depan. Misalnya, menghemat uang atau tidak menggunakan kartu kredit dalam sebulan.


Siapkan Budget

Setelah memutuskan tujuan, kamu bisa mulai mengatur anggaran. Untuk memulai, kumpulkan semua laporan keuangan, seperti laporan bank atau rekening investasi. Kamu bisa memecah pengeluaran dalam beberapa kategori.

Tentukan biaya tetap, biaya yang dikeluarkan setiap bulan dalam jumlah yang sama. Misalnya, tagihan listrik atau tagihan air. Kemudian tentukan biaya tidak tetap, biaya yang jumlahnya cenderung berubah tiap bulan tergantung kebutuhan, seperti bahan makanan.


Lacak Anggaran

Setelah membuat anggaran, kamu siap untuk langkah selanjutnya, yaitu mematuhinya. Langkah di mana banyak orang yang mencoba penganggaran cenderung gagal. Luangkan waktu untuk meninjau anggaran setiap malam. Hal ini untuk memastikan pengeluaranmu tidak melebihi penghasilan.


Evaluasi Anggaran

Setelah satu bulan, kamu perlu mengevaluasi anggaran. Idealnya, kamu harus mengevaluasi anggaran setiap bulan setidaknya enam bulan pertama. Hal ini membantumu belajar mengidentifikasi kelemahan anggaranmu.


Tetapkan Tujuan Anggaran

Setelah tujuan awal tercapai, mungkin kamu ingin menetapkan tujuan yang baru. Dengan terus menetapkan tujuan di masa depan, kamu terus mengembangkan kebiasaan keuangan kea rah yang benar. 

Selain itu, kamu juga bisa memberi hadiah kepada diri sendiri setelah berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapka setiap bulan. Misalnya, memanjakan diri dengan makanan enak.


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Alokasikan Anggaran Rp 2.714,2 Triliun Belanja Pemerintah Tahun 2022
Menkeu Sri Mulyani Indrawati sampaikan tahun 2022 pemerintah alokasikan anggaran Rp 2.714 triliun untuk belanja pemerintah baik pusat dan daerah
Bagaimana Melakukan Anggaran dengan Pasangan?
Setiap orang bisa berkontribusi dalam jumlah yang sama atau tergantung pada pendapatan masing-masing.
Bingung dengan Anggaran? Coba 4 Kategori Sederhana Ini
Bagi kamu pemula dan tidak tahu bagaimana mengawalinya, kamu bisa memulainya dengan sederhana.
0
5 Tips Agar Anggaran Keuangan Kamu Bisa Berhasil
Sebagian besar orang yang mengikuti anggaran merasa lebih bisa memegang kendali, lebih percaya diri, dan lebih aman.