UNTUK INDONESIA
Andrea Putri Turk, Nyanyi Tanah Airku di HUT ke-47 RI
Siapa Andrea Putri Turk yang mendapat tempat menyanyikan tembang Tanah Airku di panggung Istana Negara Jakarta saat HUT ke-74 RI?
Penyanyi muda yang juga cicit WR Soepatman, Andrea Putri Turk. (Foto: Instagram/andreapturk)

Jakarta - Jelang penutupan acara pengibaran bendera peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia (RI) terselip pertanyaan, siapa Andrea Putri Turk yang mendapat tempat menyanyikan tembang Tanah Airku di panggung Istana Negara Jakarta?

Sosok Andrea memang belum diketahui publik. Namun ternyata, wanita cantik itu merupakan cicit pencipta lagu nasional. Mengenal lebih dekat, berikut Tagar rangkum 4 fakta tentang Andrea Putri Turk.

1. Mengaku Cicit WR Soepratman

Masih berusia 19 tahun, Andrea Putri Turk mendapat sorotan ketika hari kemerdekaan Indonesia. Memakai busana kebaya, remaja ini tampil anggun di Istana Negara.

Di balik itu, Andrea tidak menutupi fakta jika dirinya merupakan keturunan pencipta lagu Indonesia Raya, WR. Soepartman.

Hal ini ia kemukakan dalam akun Instagram miliknya, @andreapturk, saat mempromosikan lagu yang ia nyanyikan bersama rapper Jayko. Dalam unggahannya, ia juga mengajak masyarakat menggunakan hak pilih dalam Pemilu 2019 lalu.

"Saya, Andrea Turk cicit buyut WR Supratman, bersama Jayko (@jaykojayko) rapper muda Indonesia, mengajak seluruh generasi Z & millenial, pemuda pemudi Indonesia untuk mendukung Presiden tercinta kita Bpk Ir. H. Joko Widodo!!," tulisnya pada Senin, 8 April 2019.

2. Berprestasi di Bidang Musik

Nama Andrea Putri Turk sudah malang melintang di dunia tarik suara, baik di dalam dan luar negeri. Tidak hanya sekedar bernyanyi, perempuan lulusan Australian Independent School (AIS) Pejaten tersebut pernah menyabet penghargaan musik internasional.

Terakhir, ia memenangkan penghargaan Top 50 Women Leaders from WLIN 2019 di Vietnam pada awal April 2019. Ia juga hadir sebagai pengisi acara tersebut. Andrea juga membagikan pengalamannya di Vietnam kepada netizen.

," tulisnya di akun Instagramnya, beberapa waktu lalu."Thank you to Mrs Helen Nguyen Thu Huong, Founder & CEO of WLIN GLOBAL, and Runner-up Mrs World and special thanks to Mrs DR Ayla Dewi A Aljufrie, Founder & President Global Property Bank, and President of WLIN Indonesia for inviting me to sing in three cities in Vietnam during your WLIN - Woman Leader International Network Global Forum," tulisnya di akun Instagramnya, @andreapturk, beberapa waktu lalu.

Baca juga: 

Selain itu, Andres juga sukses menyabet juara pertama kategori Internasional dalam kompetisi Young Songwriter Competition 2019 di London, Inggris. Dalam acara tersebut ia membawakan lagu ciptaannya, Who We Are.

3. Ditawari Kuliah Di Luar Negeri

Andrea lulus SMA pada Desember 2018 lalu. Namun, ia mengaku kampus dari luar negeri yang mengajaknya kuliah di universitasnya. Ia juga membagikan hal tersebut di akun Instagram miliknya pada Mei 2019.

"Truly God and the Universe has given me so much this year. 6 unis in the US and 4 unis in the UK and I’m just agdhfhwjf thank YOU," tulisnya. 

Andrea TurkAndrea Putri Turk memposting sejumlah universitas dari luar negeri yang mengajaknya kuliah di kampusnya. (Foto: Instagram/@andreapturk)

4. Membuat Lagu Sejak Usia 10 Tahun

Andrea mengaku mulai menulis lagu sejak berusia 10 tahun. Awalnya, ia merecord lagu bikinannya melalui perekam suara seadanya. Total, kata dia, sudah ada 20 lagu yang ditulisnya.

Untuk mengasah bakat bermusiknya, Andrea juga mengikuti sejumlah workshop, di antaranya di Berklee College of Music pada tahun 2016, NYU Steinhardt dari tahun 2017 sampai 2018, dan NYU TISCH Clice Davis Institute of Recorder Music pada tahun 2018. 

Berita terkait
5 Artis Ultah Saat HUT RI 2019, Nomor 4 Bikin Kaget
Lima artis ini lahir di saat yang bersamaan dengan HUT Kemerdekaan RI. Selain Cinta Laura dan Doyok, ada artis nomor empat yang paling legendaris.
Pesan Ahok di HUT ke-74 RI untuk Pejabat Indonesia
Ahok punya pesan khusus saat perayaan kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia (RI). Ditujukan kepada pejabat negara.
Barcelona dan 4 Klub Sepak Bola Dunia Ucap Dirgahayu RI
Barcelona dan 4 klub sepak bola dunia memberikan ucapan selamat dirgahayu RI kepada fans di Indonesia.
0
Masuk Kabinet Jokowi, Nadiem Makarim Mundur dari Gojek
Nadiem Makarim dipastikan mundur dari PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) perusahaan yang didirikannya pada 12 Oktober 2010.