UNTUK INDONESIA
Amien Rais Demo di Bawaslu
Amien Rais nampak hadir di antara pedemonstran yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) di depan Gedung Bawaslu.
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais nampak hadir di antara kerumunan pedemonstran yang mengatasnamakan 'Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat' di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 21 Mei 2019. (Foto: Tagar/Morteza)

Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais nampak hadir di antara pedemonstran yang mengatasnamakan Gerakan Nasional Kedaulatan Rakyat (GNKR) di depan Gedung Bawaslu, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa 21 Mei 2019.

Amien yang mengenakan gamis biru tua dilengkapi dengan kopiah hitam, tidak berjalan sendirian. Ia diikuti oleh relawan massa pendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga yang datang dari berbagai daerah.

Wajahnya yang familiar karena belakangan ini kerap tampil menghiasi media massa, membuat sekerumunan massa riuh mendekati dan mengelu-elukan namanya. "Amien Rais, Allahuakbar," teriak salah satu simpatisan massa yang mengaku datang dari Surakarta, Jawa Tengah, khusus untuk memprotes hasil Pemilu 2019.

Namun, tak sepatah kata pun diucap oleh Amien Rais. Ia kemudian meladeni massa pendukung kubu 02 yang ingin bersalaman dengannya.

Baca juga: Empat Faktor PDIP Raih Suara Tertinggi Pemilu 2019

Saat Tagar mencoba menanyakan perihal dugaan kecurangan pada Pemilu 2019, serta soal mangkirnya dari panggilan penyidik pada Senin 20 Mei 2019, dirinya memilih bungkam pada wartawan dengan wajah yang merengut.

"Wartawan ya, nanti saja-nanti saja. Pak Amien mau jalan dulu," ujar seorang pria, sambil mengajak Amien Rais terus melangkah ke arah parkiran Sarinah, Jakarta.

Amien enggan menanggapi pertanyaan awak media, bahkan hingga ia masuk ke dalam mobil berjenis Fortuner warna putih berpelat nomor W 1101 VQ.

"Nanti saja mas, Pak Amien mau Salat Ashar dulu. Salatnya tidak di sini" kata seorang pria bertubuh tegap yang menutup pintu mobil yang dinaiki oleh politisi senior PAN itu.

Seperti diketahui penyidik Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Amien Rais, sebagai saksi dari tersangka kasus makar Eggi Sudjana. Namun, dia berhalangan hadir karena ada agenda lain.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengaku, belum mendapatkan informasi apakah Amien Rais akan memenuhi panggilan penyidik atau tidak. Namun, ia yakin kalau Amien Rais akan hadir secara seorang negarawan yang taat hukum.

"Untuk Amien Rais diagendakan hari ini Senin 20 Mei 2019, pukul 10.00 WIB. Tapi sampai saat ini kita masih menunggu sampai sore. Yang bersangkutan belum hadir, kita belum mendapatkan konfirmasi kenapa sampai sekarang belum hadir," kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin 20 Mei 2019.

"Tapi kami yakin sebagai seorang negarawan, pemimpin bangsa ini saya yakin akan patuh hukum. Nanti kita tunggu saja, kapan yang bersangkutan hadir sebagai saksi Eggi," tutup Argo.

Baca juga: BPN Akan Ajukan Gugatan Pemilu 2019 ke MK

Berita terkait
0
Teror Tuyul di Kampung Panranga Bantaeng
Cerita tentang tuyul Panranga Bantaeng berawal dari keluhan ibu-ibu di sana. Satu persatu dari mereka merasa resah setiap kali kehilangan uang.