UNTUK INDONESIA
Alasan Seluruh Wilayah Banten Terapkan PSBB
Zona risiko kasus Covid-19 di setiap kabupaten/kota di Provinsi Banten kembali meningkat, PSBB diterapkan kembali untuk pencegahan.
Personil Gabungan Tegakan Aturan di PSBB Tangsel. (Foto: Tagar/Alfi)

Banten - Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten, Ati Pramudji, mengatakan zona risiko kasus Covid-19 di setiap kabupaten/kota kembali meningkat. Menurut dia, selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah terjadi penurunan kedisiplinan masyarakat.

Intensitas skrinning Covid-19 meningkat di delapan kabupaten/kota Provinsi Banten.

"Mobilitas masyarakat juga sudah tidak terkendali, serta belum optimalnya pelaksanaan protokol kesehatan. Sehingga faktor tersebut menyebabkan adanya peningkatan kasus," ucap Ati, Minggu, 6 September 2020.

Berdasarkan hasil evaluasi, kata Ati, zona risiko dari 15 indikator penilaian Covid-19 dengan cut of data pada 29 Agustus 2020, Kota Tangerang berada di angka 1.7, Kabupaten Tangerang 1.8.

Kemudian di Kabupaten Lebak, Kota Tangerang Selatan dan Kota Cilegon telah mencapai 1.9, dan Kota Serang berada di angka 2,1. Sementara Kabupaten Serang berada di angka 2,2 dan terakhir Kabupaten Pandeglang 2.4.

"Intensitas skrinning Covid-19 meningkat di delapan kabupaten/kota Provinsi Banten," ujarnya.

Untuk informasi, zona risiko Covid-19 ditandai dengan indikator 0–1.8 masuk dalam zona merah dengan risiko tinggi. 1.9-2.4 merupakan zona orange risiko sedang, angka 2,5-3,0 zona kuning risiko rendah serta zona hijau yang merupakan tidak terdampak dan nihil tercatat kasus Covid-19 positif.

"Segera dilakukan gerakan edukasi dan inovasi melalui solidaritas seluruh komponen masyarakat dalam meningkatkan kesadaran bahaya wabah Covid-19, tidak hanya menjadi tanggung jawab bidang kesehatan saja," ucap Ati.[]

Berita terkait
Telkomsel Perluas Jaringan di Pelosok Banten
Telkomsel terus berupaya memperluas jaringan internet ke pelosok Provinsi Banten Selatan.
Ombudsman Banten Apresiasi MPP di Pandeglang
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan memberikan apresiasi kepada Pemkab Pandeglang hadirnya Mall Pelayanan Publik (MPP).
Gubernur Banten: Jangan Korbankan Anak untuk Kelas Tatap Muka
Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan tidak sepakat adanya kabupaten dan kota yang mengijinkan kelas tatap muka.
0
Aplikasi WhatsApp Resmi Luncurkan Fitur Belanja
Aplikasi WhatsApp resmi meluncurkan fitur belanja bagi pengguna di Indonesia yang kini bisa dinikmati lewat update terbaru.