UNTUK INDONESIA
Alasan Polisi Bubarkan Pertunjukkan Randai di Tanah Datar
Polisi membubarkan aksi pertunjukkan randai di Kabupaten Tanah Datar yang dihadiri salah satu pasangan calon bupati.
Polisi membubarkan perkumpulan melibatkan orang banyak terkait banyak orang pada Minggu, 27 September 2020 dini hari di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat (Sumbar). (Foto: Tagar/Dok. Polres Padang Panjang)

Tanah Datar - Polisi membubarkan pertunjukkan kesenian randai yang melibatkan perkumpulan orang banyak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Minggu, 27 September 2020.

Kami menemukan banyak massa yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan tidak menjaga jarak.

Kegiatan itu berlangsung di Nagari Gunung Rajo, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar. Informasinya, juga dihadiri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma - Sultani.

"Saat mendatangi lokasi acara, kami menemukan banyak massa yang tidak menerapkan protokol kesehatan dan tidak menjaga jarak," kata Kabag Ops Polres Padang Panjang, AKP Paruhuman Simamora dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 27 September 2020.

Menurutnya, berdasarkan keterangan panitia, kegiatan juga tidak memiliki izin dari Polres Padang Panjang selaku pemberi izin keramaian dan pembina wilayah hukum setempat. Beruntung saat diminta membubarkan diri, tidak terjadi gesekan antara polisi, masyarakat dan penyelenggara kegiatan.

"Panitia itu juga mengakui bahwa dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Camat batipuh beserta perangkat nagari dan juga dihadiri salah satu paslon Bupati itu," katanya.

Menurutnya, kegiatan itu juga bertentangan dengan peraturan daerah (Perda) Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Maklumat Kapolri nomor MAK/3/IX/2020 tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2020.

"Segala kegiatan yang mengundang massa dalam jumlah banyak, tidak memiliki izin dan tidak menerapkan protokol kesehatan kami pastikan akan dibubarkan. Atas dasar sejumlah aturan yang dikeluarkan kami membubarkan kegiatan itu," tuturnya. []



Berita terkait
Lagi Asyik Pesta Ganja, Remaja Tanah Datar Dicokok Polisi
Tiga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis ganja yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat ditangkap polisi.
Pilkada 2020 Tanah Datar, Ini Nomor Urut Paslon Bupati
KPU Kabupaten Tanah Datar telah resmi mengundi nomor urut pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada 2020.
4 Paslon Resmi Bertarung di Pilkada 2020 Tanah Datar
KPU Tanah Datar menetapkan empat pasangan calon peserta Pilkada 2020.
0
Kronologi Kebakaran Tewaskan Nenek di Padang Sumbar
Polsek Lubuk Begalung, Padang belum mengetahui penyebab kebakaran yang menewaskan seorang nenek 90 tahun.