UNTUK INDONESIA
Alasan Lampard Pertahankan Giroud dan Caballero
Chelsea memperpanjang kontrak duo veteran striker Olivier Giroud dan kiper Willy Caballero. Manajer Frank Lampard punya alasan pertahankan mereka.
Chelsea memperpanjang kontrak duo veteran striker Olivier Giroud dan kiper Willy Caballero. Manajer Frank Lampard punya alasan tersendiri mempertahankan mereka. (Foto: theguardian.com)

Jakarta - Chelsea secara mengejutkan memperpanjang kontrak duo veteran striker Olivier Giroud dan kiper Willy Caballero. Semula keduanya bakal dilepas, terutama Giroud yang jarang mencetak gol. Namun manajer Frank Lampard merasa perlu mempertahankan keduanya selama satu tahun ke depan. 

Giroud sudah berstatus bebas transfer karena kontraknya di Chelsea akan berakhir pada Juni 2020. Penyerang berusia 33 ini pun dikabarkan sudah melakukan negosiasi dengan Inter Milan pada Januari lalu.

Pelatih Antonio Conte yang pernah menangani The Blues ingin membawa Giroud sekaligus melakukan reuni di Inter. Hanya, negosiasi itu mengalami penundaan. 

Dia punya kualitas yang bisa membantu mengangkat tim di dalam maupun luar lapangan. Tidak hanya karena talenta tetapi juga teladan yang diberikan setiap hari

Selain Inter, Lazio tertarik memboyong striker tim nasional Prancis itu. Dia juga disebut-sebut kembali ke Prancis untuk memperkuat salah satu klub Ligue 1. 

Namun Chelsea memutuskan mempertahankan Giroud. Meski musim ini hanya bermain 9 kali dan baru mencetak 2 gol, dia justru disodori kontrak baru oleh klub London Barat itu. 

"Saya senang bisa melanjutkan perjalanan dan petulangan bersama Chelsea. Saya sudah tidak sabar ingin bermain dan menghadapi persaingan di sepak bola bersama rekan tim," ujar Giroud seperti dikutip laman klub. 

"Saya ingin segera mengenakan jersey Chelsea lagi, khususnya di depan fans di Stamford Bridge saat keadaan sudah aman tentunya," kata dia lagi. 

Lampard memiliki alasan untuk mempertahankan Giroud. Bahkan dirinya yang menghalangi kepindahan pemain yang membawa Prancis memenangi Piala Dunia 2018 ini ke Inter. 

Pasalnya, Giroud merupakan pelapis striker Tammy Abraham. Sejak menurunnya Michy Batshuayi, mantan penyerang Arsenal ini yang mendapat kesempatan menjadi pilihan pertama. Penampilannya memang cukup impresif dan berhasil mencetak gol saat melawan Tottenham Hotspur. 

Giroud kembali membobol gawang Everton saat Chelsea menang telak 4-0 sebelum liga dihentikan karena pandemi Covid-19. Pulihnya ketajaman pemain yang bergabung dengan Chelsea pada Januari 2018 ini menjadikan kontraknya diperpanjang. 

Chelsea sendiri bakal melepas Batshuayi. Namun Lampard sudah mengantisipasi bila gagal mendapat striker anyar, dia masih bisa mengandalkan Giroud sebagai pelapis Abraham. 

"Sejak saya kembali ke Chelsea, Olivier secara brilian memperlihatkan sebagai seorang profesional dan pria yang baik," kata Lampard.

"Dia punya kualitas yang bisa membantu mengangkat tim di dalam maupun luar lapangan. Tidak hanya karena talenta tetapi juga teladan yang diberikan setiap hari. Saya senang dia melanjutkan kontrak sampai musim depan," ujar manajer termuda di Liga Premier ini. 

Caballero Tetap Jadi Pelapis Kiper Kepa

Hal sama dengan Caballero yang diperpanjang kontraknya. Kiper berusia 38 ini menggantikan Kepa Arrizabalaga yang sempat merosot penampilannya. 

Caballero diturunkan di 4 pertandingan Liga Premier dan saat melawan Bayern Munich di Liga Champions. Hanya di pertandingan pertama 16 Besar Liga Champions, Chelsea yang bermain di kandang sendiri di Stamford Bridge dihajar Bayern 0-3. 

 Baca juga: 

Werner Tolak Chelsea, Mertens Jadi Alternatif

Striker Lazio Ciro Immobile Jangan Pindah ke Chelsea

Posisi kiper memang kembali diambil alih Kepa. Namun Caballero tetap dipertahankan sebagai pelapis kiper tim nasional Spanyol itu. Apalagi, Chelsea tampaknya kesulitan mendapatkan kiper baru. 

Penjaga gawang Gianluigi Donnarumma yang dibidik Lampard kemungkinan bertahan di AC Milan atau dibeli Juventus. Sementara, kiper Manuel Neuer tidak akan meninggalkan Bayern.

"Saya senang dengan kabar ini. Sungguh terasa istimewa menjadi bagian dari skuat dan keluarga Chelsea. Klub ini merupakan salah satu yang bersejarah di Liga Premier," ucap Caballero. 

"Saat ini situasi sedang sulit bagi siapa pun. Saya bersyukur mendapat kesempatan ini dan saya sangat menghargainya. Saya berterima kasih kepada rekan tim yang membantu saya menunjukkan penampilan terbaik. Saya berterima kasih kepada klub yang memperbarui kontrak saya," kata kiper yang tercatat 5 kali membela timnas Argentina ini. 

Caballero mengawali karier di Boca Juniors dan kemudian bermain di klub-klub papan bawah. Pada 2011, dia direkrut Malaga secara darurat setelah 2 kiper klub itu mengalami cedera. Caballero malah sukses dan mampu menjaga clean sheet selama 480 menit. Ini menjadi rekor bagi Malaga. 

Sukses itu membawa Caballero direkrut Manchester City pada 2014. Di City dia bersatu kembali dengan pelatihnya di Malaga, Manuel Pellegrini. Setelah kontraknya selesai pada 201, dia bergabung ke Chelsea untuk menjadi pelapis Thibaut Courtois dan kemudian kiper Kepa. []

Berita terkait
Chelsea Lepas Pemain, Tersisa Jorginho dan Kante
Chelsea akan menjual sebagian besar pemainnya untuk membeli pemain. Hanya 2 yang dipastikan bertahan, gelandang Jorginho dan NGolo Kante.
Chelsea Sukses, Lampard Bakal Jadi Pelatih Terbaik
Frank Lampard, manajer paling muda di Liga Premier Inggris. Namun dia mampu membawa Chelsea ke 4 Besar. Pelatih Antonio Conte pun memujinya.
Arsenal Gaet Willian, Lepas Aubameyang ke Chelsea
Striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang sudah diincar Chelsea. Dan, Chelsea melepas Willian yang akan bergabung dengan Arsenal secara gratis.
0
Alasan Lampard Pertahankan Giroud dan Caballero
Chelsea memperpanjang kontrak duo veteran striker Olivier Giroud dan kiper Willy Caballero. Manajer Frank Lampard punya alasan pertahankan mereka.