UNTUK INDONESIA
Alasan KPU Tangsel Soal Tak Ada Swab Bapaslon
Begini alasan KPU Tangerang Selatan (Tangsel) mengenai tak melakukan tes swab untuk Bapaslon sebelum Tes Kesehatan.
Anggota KPU Tangsel Divisi Pencalonan, Achmad Mudjahid Zein. (Foto: Tagar/Alfi)

Tangerang Selatan - Pemeriksaan tes kesehatan bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel sebagai tahapan Pilkada serentak yang digagas KPU mendapat kritikan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Swab sebetulnya memang di PKPU (Peraturan KPU) hanya disyaratkan saat pendafaran.

Kritikan yang diberikan Bawaslu kepada KPU dikarenakan tidak menjalankan atau menyerahkan hasil swab test bapaslon. Akan tetapi kritikan Bawaslu langsung dibantah oleh KPU Tangsel yang mengatakan jika swab test hanya disyaratkan pada saat pendaftaran bapaslon.

"Swab sebetulnya memang di PKPU (Peraturan KPU) hanya disyaratkan saat pendafaran. Dan, hasil swab masih berlaku sampai pada tahap pemeriksaan kesehatan. Secara regulasi tidak masalah," ujar Anggota KPU Tangsel Divisi Pencalonan, Achmad Mudjahid Zein di Kantor KPU Tangsel, Setu, Tangsel, Selasa 15 September 2020.

Mudjahid juga menjelaskan, semisal ada bapaslon yang positif hanya diinstruksikan menjalani karantina mandiri.

"Kalau misal positif covid, tidak digantikan dan hanya menjalani karantina mandiri. PKPU tahapan tidak ada yang berubah," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tangsel, Muhamad Acep mengkritik tahapan tes kesehatan pada 8-9 September lalu untuk pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel.

Kritikan itu karena tiga pasangan calon yakni Muhamad - Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah - Ruhamaben, dan Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan tidak menjalankan atau menyerahkan kembali hasil swab test.

"Untuk temen - temen LO (tim penghubung), karena pasangan calon ini kemarin waktu tes kesehatan tidak menjalankan kembali hasil swab. Kami sih minta pasangan calon melakukan swab mandiri saja," ucap Acep di Kantor KPU Tangsel, Setu, Tangsel, Senin 14 September 2020.[]

Berita terkait
Kritik Bawaslu, KPU Kota Tangsel Tak Lakukan Tes Swab
Bawaslu Kota Tangsel memberikan kritik tajam untuk KPU Tangsel. Tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada tidak tes swab.
Muhamad - Rahayu Saraswati Calon Pimpinan Kota Tangsel
Muhamad mantan Sekda Kota Tangsel dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang merupakan Keponakan Prabowo Subianto diusung lima partai, siapa saja?
Belum 17 Tahun, Warga Tangsel Bisa Rekam KTP-el
agi masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan berusia 17 tahun dari September hingga 9 Desember 2020 bisa punya KTP-el.
0
Pengamat: Satgas Covid-19 Pusat Jangan Hanya Jadi Supervisi
Adib Miftahul menyinggung kinerja tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang dikomandoi oleh Doni Monardo.