UNTUK INDONESIA
Belum 17 Tahun, Warga Tangsel Bisa Rekam KTP-el
agi masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan berusia 17 tahun dari September hingga 9 Desember 2020 bisa punya KTP-el.
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Dedi Budiawan. (Foto: Tagar/Alfi)

Tangerang Selatan - Bagi masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan berusia 17 tahun dari September hingga 9 Desember 2020 nanti bisa melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel Dedi Budiawan mengatakan, program ini merupakan inovasi dari Disdukcapil Kota Tangsel dalam rangka mensukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangsel Tahun 2020.

Kita sudah membuat surat edaran dan khusus untuk pencetakan di kecamatan.

"Ya betul untuk masyarakat Kota Tangsel yang akan berusia 17 tahun sebelum 9 Desember bisa melakukan perekaman KTP-el saat ini dan akan di cetak ketika sudah menginjak usia 17 tahun atau tepat pada Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-17," ucap Dedi kepada Tagar pada Selasa, 15 September 2019.

Dedi mengatakan, para pemilih baru bisa ikut mencoblos dan mensukseskan Pilkada Kota Tangsel Tahun 2020.

"Biar semua pada bisa nyoblos pada Desember 2020 nanti," ujar Dedi.

Pencetakan KTP-el, kata Dedi, hanya diperuntukkan untuk masyarakat yang berusia 17 tahun, di bawah itu belum diperkenankan memilikinya.

"Ya kan karena aturan dan sistem hanya bisa cetak jika sudah 17 tahun, jadi saat ini hanya rekam dan cetak saat persis ketika ulang tahun," ujar Dedi.

Diketahui, kata Dedi, sebanyak 19 ribu warga Kota Tangsel yang belum melakukan perekaman KTP-el. Ia mengatakan, data yang ada bahwa jumlah warga yang wajib memiliki KTP-El di Kota Tangsel sebanyak 994.324 orang dan dari jumlah sekitar 19 ribu orang belum memiliki KTP-el.

"Dari 19.000 itu usia relatif dan yang paling banyak usia 17 tahun, tapi ada juga ada yang lansia karena mungkin dulu belum sempat rekam atau gimana," ujarnya.

Dedi menargetkan dari 19 ribu warga yang belum memiliki KTP-el akan rampung di awal Desember. Ia juga melakukan percepatan sehingga sebelum 9 Desember seluruh warga Tangsel sudah meqmiliki KTP-El.

"Kita sudah membuat surat edaran dan khusus untuk pencetakan di kecamatan. Satu kecamatan kuotanya 100, jadi per hari 700 karena ada 7 kecamatan," ucapnya.[]

Berita terkait
Rahayu Saraswati Calon Pimpinan Tangsel Ikut Sekolah PDIP
Bacalon Wakil Wali Kota Tangsel Rahayu Saraswati mengikuti Cakada an Wakil Kepala Daerah yang diusung oleh PDIP.
Hasil Tes Kesehatan 3 Calon Pasangan Pilkada Tangsel
Bagaimana hasil pemeriksaan tes kesehatan bagi tiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel)?
Kritik Bawaslu, KPU Kota Tangsel Tak Lakukan Tes Swab
Bawaslu Kota Tangsel memberikan kritik tajam untuk KPU Tangsel. Tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada tidak tes swab.
0
Belum 17 Tahun, Warga Tangsel Bisa Rekam KTP-el
agi masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan berusia 17 tahun dari September hingga 9 Desember 2020 bisa punya KTP-el.