UNTUK INDONESIA
Kritik Bawaslu, KPU Kota Tangsel Tak Lakukan Tes Swab
Bawaslu Kota Tangsel memberikan kritik tajam untuk KPU Tangsel. Tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada tidak tes swab.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhamad Acep. (Foto: Tagar/Alfi)

Tangerang Selatan - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Muhamad Acep mengkritik tahapan tes kesehatan pada 8-9 September lalu untuk pasangan Bakal Calon (Bacalon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangsel yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel.

Satu-satunya KPU se-Provinsi Banten yang tidak melalukan swab terlebih dahulu sebelum tes kesehatan hanya KPU Tangsel.

Kritikan ini terjadi lantaran tiga pasangan bacalon, yakni Muhamad-Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah-Ruhamaben, dan Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan tidak menjalankan atau menyerahkan kembali hasil swab test.

"Untuk temen-temen LO (tim penghubung), karena pasangan calon ini kemarin waktu tes kesehatan tidak menjalankan kembali hasil swab. Kami minta pasangan calon melakukan swab mandiri saja," ucap Acep di Kantor KPU Tangsel, Setu, Kota Tangsel, Senin, 14 September 2020.

Acep mengatakan, jangan sampai terjadi seperti kejadian di Cilegon. karena tidak ada penyerahan swab. Untuk itu, kata dia, pasangan calon harus melalukan swab test secara mandiri.

"Karena jangan sampai seperti kejadian Cilegon. Cilegon pendaftaran negatif kemudian ketika tes kesehatan dia positif. Jadi KPU Tangsel tidak melakukan swab kembali ketika melakukan tes kesehatan, saya berharap paslon melakukan swab mandiri," ujarnya.

Ia mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Kota Tangsel harus aman, sehar dan berkualitas dan jangan sampai menjadi cluster baru Covid-19.

"Karena bagaimana juga kita harus menjaga Pilkada yang sehat, aman, dan berkualitas. Jangan sampai nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan menjadi cluster baru di Tangsel," ujar Acep.

KPU Tangsel diketahui juga menjadi satu-satunya KPU se-Provinsi Banten yang tidak menyerahkan atau melalukan swab test bagi pasangan calon.

"Bagaimana disampaikan Bawaslu Provinsi dalam rapat koordinasi, satu-satunya KPU se-Provinsi Banten yang tidak melalukan swab terlebih dahulu sebelum tes kesehatan hanya KPU Tangsel. Maka kami menyarankan agar untuk paslon swab secara mandiri, jangan sampai pada saat penetapan lalu pengundian nomor urut menjadi persoalan," ujarnya. []

Berita terkait
Promo Pertamina, Turunkan Harga Pertalite di Tangsel
Pertamina memberikan promo harga pertalite di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Konon setara dengan Premium.
Strategi Pemkot Tangsel Putus Penyebaran Covid-19
Pemerintah Kota Tangsel telah memiliki strategi tersendiri untuk menangani penyebaran Covid-19. Apa strateginya?
Pulihkan Ekonomi 50 M, Pengamat: Pemkot Tangsel Gagap
Pengamat Kebijakan Publik menilai anggaran pemulihan ekonomi di Tangsel sebesar Rp 50 miliar tidak terlihat kemana saja pendistribusiannya.
0
Kritik Bawaslu, KPU Kota Tangsel Tak Lakukan Tes Swab
Bawaslu Kota Tangsel memberikan kritik tajam untuk KPU Tangsel. Tiga pasangan calon yang akan bertarung di Pilkada tidak tes swab.