UNTUK INDONESIA
Alasan Jokowi Pilih Jenderal Fachrul Razi Menteri Agama
Presiden Jokowi mempercayakan Menteri Agama Fachrul Razi bisa menuntaskan permasalahan radikalisme.
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wapres Ma\\'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 23 Oktober 2019. (Foto: Antara/Wahyu Putro A)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempercayakan Menteri Agama Fachrul Razi bisa menuntaskan permasalahan radikalisme dengan secepatnya. Itu karena melihat latar belakangnya sebagai Purnawirawan TNI. 

Meski bukan satu-satunya menteri agama yang berasal dari TNI, Fachrul Razi mempunyai tugas utama untuk mampu memberantas persoalan yang dapat memecah belah bangsa itu. 

"Sejarah juga telah ada menteri agama dari TNI. Kedua, kita ingin yang berkaitan dengan radikalisme, yang berkaitan dengan intoleransi itu betul-betul secara konkret bisa dilakukan oleh Kementerian Agama," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 24 Oktober 2019.

Kedepan kita harapkan nanti pak menteri agama bisa berbicara banyak yang berkaitan dengan perdamaian, toleransi.

Tak hanya persoalan radikalisme, Jokowi mengatakan menteri agama nantinya juga akan memaksimalkan program terkait jamaah haji yang akan melangsungkan ibadah haji ke tanah suci.

"Termasuk di dalamnya adalah nanti perbaikan kualitas pelayanan haji juga akan tetap dikerjakan oleh pak menteri agama," ucap Jokowi.

Harapan Jokowi memilih sosok Rachrul Razi sebagai menteri agama untuk menyebarkan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran islam dengan baik dan benar.

"Jadi kedepan kita harapkan nanti pak menteri agama bisa berbicara banyak yang berkaitan dengan perdamaian, toleransi. Beliau memiliki pengalaman lapangan yang panjang dan saya kira pendekatannya adalah pendekatan lunak yang baik," tutur dia.

Terkait dengan wakil menteri agama, Jokowi mengatakan dirinya akan membahas hal tersebut. 

"Mengenai di Kementerian Agama, apakah dibutuhkan wamen atau tidak, ya kalau itu memperlancar tugas-tugas menteri akan kita beri. Kalau ndak, ya ndak," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Agama 2014-2019 dijabat oleh Lukman Hakim Saifuddin dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), yang juga merupakan tokoh Nahdlatul Ulama (NU). Kini, posisi itu dijabat oleh Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi dengan latar belakang Wakil Panglima TNI periode 1999-2000. []

Baca juga:

Berita terkait
Menteri Agama Fachrul Razi Respons Kekecewaan PBNU
Menag) Fachrul Razi merespons protes dari berbagai kalangan termasuk PBNU yang menyebut jabatannya kini sepatutnya diisi oleh ulama NU.
Fachrul Razi, Militer Kedua Jadi Menteri Agama RI
Fachrul Razi adalah militer kedua yang menjadi Menteri Agama sepanjang sejarah Indonesia.
Fachrul Razi Sang Jenderal Jadi Menteri Agama
Presiden Jokowi secara resmi menunjuk Jenderal Purnawirawan TNI Fachrul Razi sebagai Menteri Agama dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.