UNTUK INDONESIA
Akhirnya Kadis Disdikbud Aceh Singkil Dicopot
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Yusfit Helmi dicopot dari jabatannya.
Sejumlah pejabat eselon II dan kepala dinas Pemerintahan Kabupaten Aceh Singkil menjalani proses pemberhentian, pengangkatan dan sumpah jabatan, Jumat, 28 Februari 2020. (Foto: Tagar/Khairuman)

Singkil - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Singkil, Aceh Yusfit Helmi dicopot dari jabatannya dan menjadi pegawai biasa di Sekertariat Daerah Kabupaten Aceh Singkil.

Pengangkatan dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari jabatan struktural berdasarkan keputusan Bupati Aceh Singkil Dulmusrid nomor: PEG.820/252/2020 di aula Setdakab setempat pada Jumat, 28 Februari 2020.

Mantan Kepala Disdikbud Aceh Singkil Yusfit Helmi kepada Tagar, terkait pencopotan jabatannya mengatakan hal yang biasa terjadi di ranah pemerintahan atas keputusan dari pimpinan daerah.

Segalanya berjalan lancar dan baik dan tetap berpikir positif, karena mutasi itu adalah hal biasa.

 "Saya juga mau memasuki masa persiapan pensiun. Segalanya berjalan lancar dan baik dan tetap berpikir positif, karena mutasi itu adalah hal biasa," kata Yusfit.

Yusfit menuturkan, dalam jabatan apapun ia hanya menjalankan amanah, Selama menjabat kurang lebih 7 tahun ia banyak mendapatkan pengalaman meskipun terkadang berbagai rintangan dihadapi.

Sementara Abdul Haris, salah seorang mahasiswa staisar Aceh Singkil yang sebelumnya meminta bupati untuk mencopot jabatan Kadisdikbud, mengatakan peganti kepala Disdikbud baru yakni Khalilullah untuk lebih baik dan tidak menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Artinya, semoga kedepannya periode Kepala Disdikbud baru lebih baik dan potensi pendidikan semakin gemilang," katanya.

Baca juga: Bupati Aceh Singkil Didesak Copot Kadis Dikbud

Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali mengatakan pemberhentian, pengangkatan dan pengambilan sumpah pejabat eselon II berdasarkan uji job fit dan asesmen. Penetapan jabatan kepala dinas selama ini Plt, sudah terlalu lama sejak pelelangan job fit, sehingga untuk lebih signifikan jabatan yang kepala Dinas ditetapkan hari ini Surat Keputusan (SK) jabatan.

Adapun jabatan Kepala Dinas yang ditetapkan SK jabatannya, yakni Hendra Sunarno yang sebelumnya menjabat Kabid Perbendaharaan Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) menjadi Kepala BPKK Aceh Singkil, Erwin Syahputra yang sebelumnya Sekertaris PUPR menjadi Kepala Dinas PUPR Aceh Singkil, Khalilullah yang sebelumnya Sekertaris Disdikbud menjadi Kepala Disdikbud Aceh Singkil.

Selanjutnya, Erwin SKM yang sebelumnya Sekertaris Dinas Kesehatan menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, H Kuatno yang sebelumnya Sekertaris Pertanian, menjadi Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holticultura Aceh Singkil dan Aslinuddin sebelumnya menjabat Sekertaris Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah, menjadi Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah Aceh Singkil.

Kemudian Yakup yang sebelumnya menjabat Sekertaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menjadi Kepala Disdukcapil Aceh Singkil, namun SK berdasarkan Kemendagri bukan daerah.[]

Berita terkait
Akibat Corona, 50 Jemaah Aceh Batal Berangkat Umrah
Sebanyak 50 orang yang berasal dari Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Aceh dan jemaah asal Medan Sumatra Utara gagal berangkat umrah.
Setiap Hari Subulussalam Aceh Hasilkan 45 Ton Sampah
Setiap hari Kota Subulussalam, Aceh angkut 45 ton sampah.
Luka Dalam Teramat Dalam di Singkil Aceh
Usai salat, pria itu menangis dan tertawa, kadang tersenyum lebar tiba-tiba meneteskan air mata. Luka dalam seorang pria di Singkil Aceh.
0
Jokowi Saksikan Ketua MA Syarifuddin Mengucap Sumpah
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan pengucapan sumpah M. Syarifuddin sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA) periode 2020-2025.