UNTUK INDONESIA
Airlangga: Zona Merah Dapat Prioritas Vaksin Covid-19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah akan memprioritaskan pemberian vaksin untuk masyarakat di daerah berstatus zona merah.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomoian Sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/HeadTopics)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomoian Sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartarto mengatakan, pengadaan vaksin menjadi prioritas pemerintah saat ini. Sebab, vaksin bisa menghentikan pandemi Covid-19 dan membantu kepercayaan publik untuk pemulihan ekonomi.

Pertama itu nanti dalam roadmap vaksinasi itu akan ditentukan daerahnya. Tapi kan ada daerah-daerah merah yang penularannya terbesar.

Rencananya, Pemerintah akan memprioritaskan pemberian vaksin untuk masyarakat di daerah berstatus zona merah atau daerah dengan tingkat penularan Covid-19 paling tinggi.

"Pertama itu nanti dalam roadmap vaksinasi itu akan ditentukan daerahnya. Tapi kan ada daerah-daerah merah yang penularannya terbesar," kata Airlangga Kamis, 22 Oktober 2020.

Adapun daerah yang kemungkinan bakal didahulukan lantaran masuk zona merah seperti, Sumatera Utara, Aceh, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat. "Nah itu nanti akan dievaluasi. Dan juga nanti terkait dengan efektifitasnya," kata Airlangga.

Namun, sebelum vaksin tersedia dan mendapat persetujuan BPOM, Airlangga mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan. Terlebih, akan ada libur panjang pada 28 Oktober hingga 1 November 2020.

"Yang paling efektif untuk mencegah penularan adalah pakai masker. Itu tetap merupakan perlindungan yang baik. Juga jaga jarak, hindari kerumunan. Itu adalah hal penting sebelum vaksin diberikan," ucap Airlangga. []

Berita terkait
Menko Airlangga Ajak Pengusaha Jerman Pulihkan Ekonomi RI
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ajak pengusaha Jerman untuk mendukung pemulihan dan transformasi ekonomi Indonesia.
Menko Airlangga: 11 Perusahaan Siap Masuk Kepulauan Riau
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, 11 perusahaan siap masuk ke Kepulauan Riau dengan investasi Rp 8,2 triliun.
Airlangga Hartarto: Indonesia & Singapura Bangun 2 KEK Baru
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Indonesia dan Singapura bekerjasama bangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru.
0
Airlangga: Zona Merah Dapat Prioritas Vaksin Covid-19
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Pemerintah akan memprioritaskan pemberian vaksin untuk masyarakat di daerah berstatus zona merah.