UNTUK INDONESIA
Airlangga Hartarto: Indonesia & Singapura Bangun 2 KEK Baru
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Indonesia dan Singapura bekerjasama bangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto:Tagar/Indeks News Banten)

Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan, Indonesia terus memperkuat kerjasama dengan Singapura dalam rangka mendorong pertumbuhan perekonomian kedua negara di tengah pandemi virus corona Covid-19. 

Atas kerjasama tersebut, telah didirikan 2 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru kawasan yang berbatasan langsung dengan Kota Singa (Batam, Bintan, Karimun), yakni KEK Nongsa Digital Park dan KEK Batam Aero Technic.

KEK Nongsa Digital Park dibangun di atas lahan seluas 166,45 hektare dengan investasi sebesar Rp 16 triliun dan ditargetkan akan menyerap sebanyak 16.500 tenaga kerja.

Sedangkan KEK Batam Aero Technic akan berdiri di lahan seluas 30 hektare dengan target investasi sebesar Rp 6,2 triliun dan diperkirakan akan menyerap 9.976 tenaga kerja.

Selain 2 KEK tersebut, bentuk kerjasama Indonesia-Singapura terwujud dalam pengembangan KEK Kendal yang diakselerasi untuk mendorong percepatan pengembangan super koridor Jawa Utara.

Pada bulan Agustus 2020, pencapaian KEK Kendal telah melebihi target yang ditetapkan pemerintah dalam Rencana Aksi tahun 2020 dengan nilai investasi Rp18,6 triliun dan penyerapan tenaga kerja sebanyak 8.490 orang.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia terus mendorong pengembangan KEK Kendal melalui pembangunan infrastruktur pendukung seperti Jalan Tol Pelabuhan Semarang dan Bendungan Karet Sungai Blorong.[]

Berita terkait
UU Cipta Kerja, Menko Airlangga: Upah Minimum Tak Dihapus
Menko Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan upah minimum dalam Omnibus Law UU Cipta Kerja tidak dihapus.
Airlangga: Cipta Kerja Beri Jaminan Kehilangan Pekerjaan
Menko Airlangga mengatakan, disahkannya Omnibus Law dapat menarik investor dan memberikan jaminan kehilangan pekerjaan.
Indonesia-Singapura Sepakati 4 Kerja Sama di Tengah Pandemi
Indonesia meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral dengan Singapura untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di tengah pandemi covid-19.
0
Sempat Kejar-kejaran, Warga Hajar Pencuri Helm di Sleman
Sempat diwarnai kejar-kejaran saat menangkap pencuri helm di Sleman, Yogyakarta. Setelah tertangkap dihajar ramai-ramai oleh warga.