UNTUK INDONESIA

Agam Punya Kampus Nagari Pintar Belajar Saat Pandemi

Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menyediakan tempat belajar dengan fasilitas internet gratis.
Kampus Nagari Pintar dengan fasilitas internet gratis di Kabupaten Agam. (Foto: Tagar/Istimewa)

Agam - Mendukung program pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menyediakan tempat belajar dengan fasilitas internet gratis bertajuk "Kampus Nagari Pintar".

Program ini mendapat dukungan dari masyarakat.

Wali Nagari Duo Koto, Joni Safri mengatakan, pemerintah nagari menyediakan tempat belajar bagi siswa, mahasiswa dan guru yang dipusatkan di perpustakaan Rumah Pintar Tunas Muda. Selain lokasinya nyaman dengan berbagai jenis buku, di tempat itu juga disediakan WiFi gratis, komputer, infokus, dan perangkat pendukung belajar lainnya.

"Kami memberikan nama program ini dengan Kampus Nagari Pintar Nagari Duo Koto. Program ini mendapat dukungan dari masyarakat, pengurus pustaka, dan Karang Taruna Tunas Muda, Nagari Duo Koto serta mahasiswa KKN yang mengabdi di Nagari Duo Koto," katanya, Rabu, 18 November 2020.

Saat ini, masyarakat kian ramai berkunjung ke perpustakaan milik nagari itu. Sebagian besar pengunjung yang datang memang didominasi pelajar, mahasiswa, dan guru sekitar.

Menurutnya, Kampus Nagari Pintar dimaksudkan untuk menyokong keterbatasan perangkat dan akses dalam proses pembelajaran secara daring. Pihaknya berharap keberadaan Kampus Nagari Pintar dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Nagari Duo Koto.

"Semoga ini bermanfaat dan proses belajar terus berlanjut," katanya.

Pihaknya berharap Kampus Nagari Pintar mendapat sokongan banyak pihak. Sebab di masa pandemi Covid-19, sektor pendidikan perlu mendapatkan perhatian dan dukungan penuh karena tidak semua orang tua memiliki biaya untuk penyediaan internet anak-anak. []

Berita terkait
Tiga Ekor Kambing Warga Agam Mati Diterkam Hewan Misterius
Tiga ekor kambing warga Agam mati diterkam hewan misterius.
83 Persen Lebih Pasien Corona di Agam Sembuh
Angka kesembuhan pasien corona di Kabupaten Agam mencapai 83,3 persen.
Total 1.000 Pasien Covid-19 di Agam Dinyatakan Sembuh
Total pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh di Kabupaten Agam mencapai 1.000 orang dengan persentase kesembuhan 81,83 persen.
0
Cara Disdukcapil Banyuwangi Data Warga Bercerai
Disdukcapil Banyuwangi menyiapkan petugas di Pengadilan Agama untuk mencatat keluarga yang bercerai.