UNTUK INDONESIA
Admin Perangkat Desa di Ciamis Dilatih Media Sosial
Admin di setiap OPD (organisasi perangkat daerah) di Kabupaten Ciamis, Jabar, dilatih menggunakan media sosial sebagai sumber informasi desa
Admin medsos OPD di Ciamis, Jabar, berfoto bersama usai mengikuti Pelatihan Penggunaan Media Sosial Secara Bijak di Aula Diskominfo Ciamis, 27 Agustus 2020 (Foto: Tagar/ciamiskab.go.id).

Ciamis - Tidak hanya admin di setiap OPD (organisasi perangkat daerah) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, saja yang diikutkan dalam pelatihan pengelolaan website sebagai sub domain di Pemerintah Kabupaten Ciamis. Kali ini sebanyak 33 perwakilan admin desa di Kabupaten Ciamis mengikuti pelatihan dengan tema ”Bijak Menggunakan Media Sosial” di Aula Diskominfo Ciamis. 27 Agustus 2020.

Plt Dinas Kominfo, Sujono, SSn,MM, dalam sambutannya mengatakan saat ini yang namanya media sosial sudah pasti banyak sekali yang menggunakannya, salah satunya sebagai media informasi, maka, “Peran admin desa dalam memberikan informasi merupakan suatu hal yang tidak kalah penting,” kata Sujono.

“Penggunaan medsos juga harus ada aturannya, harus dilakukan dengan kehati-hatian, kalau ibarat jaman dahulu peribahasanya mengatakan mulutmu harimaumu,” ujar Sujono mengingatkan para admin OPD.

admin desa ciamis2Admin medsos OPD di Ciamis, Jabar, berfoto bersama usai mengikuti Pelatihan Penggunaan Media Sosial Secara Bijak di Aula Diskominfo Ciamis, 27 Agustus 2020 (Foto: Tagar/ciamiskab.go.id).

Hal senada juga dikatakan oleh Kepala Bidang SKDI, Enda Hidayat, SSTP, MSi, admin desa diharapkan bisa lebih aktif dalam pengelolaan medsos desa, berbagai informasi yang dituangkan di medsos desa. Ini merupakan hal penting dan salah satu langkah keterbukaan dan cara pendekatan bersama warga yang mungkin belum tahu tentang struktural desa, program-program maupun kegiatan peran desa di masyarakat yang sudah maupun sedang dilaksanakan.

Kasi Informasi Publik, Eka Yudha Katresna, SSos, MM, dalam paparannya menjelaskan bahwa pemberian informasi di medsos haruslah faktual, aktual dan hot news atau ter-up date. “Selain itu penggunaan medos juga tentu sangat menguntungkan, salah satunya bisa juga sebagai media promosi, maupun bisnis,” ujar Eka.

Dalam kesempatan tersebut di hadapan para peserta admin desa, Eka juga mengajarkan bagaimana cara menulis berita dengan menerapkan elemen berita yaitu 5W + 1H. Yang dimaksud dengan 5W + 1H adalah: What: Apa yang (sedang) terjadi? Who: Siapa (-siapa) saja yang terlibat dalam peristiwa itu? Why: Mengapa hal itu bisa terjadi? When: Kapan peristiwa itu terjadi? Where: Di mana peristiwa itu terjadi? Dan How: Bagaimana peristiwa itu terjadi? (Diskominfo. Cucu/ciamiskab.go.id). []

Berita terkait
Polemik Bansos, Wagub Jabar: Jangan Teriak di Medsos
Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat memahami pemberian bansos yang berasal dari APBD Jabar agar tidak terjadi polemik.
0
Admin Perangkat Desa di Ciamis Dilatih Media Sosial
Admin di setiap OPD (organisasi perangkat daerah) di Kabupaten Ciamis, Jabar, dilatih menggunakan media sosial sebagai sumber informasi desa