6 Cara Alami Agar Tubuh Terhindar dari Gigitan Nyamuk

Berhati-hatilah karena beberapa jenis nyamuk juga dapat menularkan beberapa penyakit mematikan,
Illustrasi nyamuk menggigit manusia. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Selain dengungannya yang membuat telinga tidak nyaman, nyamuk akan menghisap darah dan meninggalkan bentol merah yang gatal pada kulit. Bentol tersebut memang bisa hilang dengan cepat, namun berhati-hatilah karena beberapa jenis nyamuk juga dapat menularkan beberapa penyakit mematikan, seperti demam berdarah dengue, malaria, chikungunya, dan filariasis (penyakit kaki gajah). Faktanya, kematian yang disebabkan oleh nyamuk lebih tinggi dari binatang lainnya, seperti ular, buaya atau harimau. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut 6 cara alami agar tubuh terhindar dari gigitan nyamuk.


1. Tumbuhan alami

Pengusir kimia bukan satu-satunya alat pengusir nyamuk efektif. Berbagai tumbuhan dan herba alami juga bisa ampuh dalam mengusir nyamuk. Anda bisa mempercantik halaman atau kebunmu dengan beberapa tumbuhan ini. Dengan begini, anda juga akan melindungi dirimu dan hewan peliharaanmu dari nyamuk.

Jadi, apa saja tumbuhan dan herba yang bisa membantu kita menghindari nyamuk menyebalkan ini? Ada berbagai jenis yang bisa anda pilih sesuai seleramu: horsemint, selasih, rosemary, bawang putih, catnip, lavender, serai wangi, atau marigold.


2. Semprotan lavender dan body oil

Nyamuk benci lavender. Anda bisa membuat semprotan tubuh dengan minyak esensial body oil atau oleskan beberapa tetes pada kulitmu. Perawatan ini juga sangat sehat untuk tubuh. Selain itu, menghindari semprotan dan krim kimia bisa mencegah kulit terkena iritasi dan alergi.


3. Lilin citronella

Jika anda tidak bisa memelihara tumbuhan pengusir nyamuk di rumah atau alergi terhadapnya, lilin citronella bisa menjadi solusi yang bagus. Citronella adalah pengusir serangga alami dan populer yang telah diakui oleh penelitian. Lilin ini tak memiliki efek samping, rumahmu akan beraroma segar, dan anda tidak akan diganggu oleh serangga apa pun. Untuk orang yang suka membuat sesuatu sendiri, anda bisa membuat lilin citronella dengan minyak.


4. Cuka apel

Cuka apel ternyata sangat berguna dan multifungsi. Kebanyakan orang memilikinya di rumah. Jadi, jika rumahmu tiba-tiba diserang nyamuk, buat semprotan pengusir nyamuk sendiri dengan cuka ini. Anda juga bisa menambahkan minyak citronella untuk efek tambahan. Semprotkan di satu tempat yang biasanya menjadi sarang nyamuk dan tunggu hasilnya.


5. Air sabun

Jika anda menghabiskan waktu lama di halaman untuk makan malam keluarga atau hanya membaca buku di luar, letakkan satu piring berisi air sabun di dekatmu. Setelah beberapa saat, anda akan melihat nyamuk itu akan tertarik dengan air ini dan terperangkap.


6. Bawang putih

Berdasarkan beberapa penelitian, makan bawang putih membantu mengusir nyamuk. Cara ini adalah kabar baik untuk pencinta bawang putih, tapi jika anda benar-benar membencinya, tak perlu memakannya dalam jumlah banyak. Rebus saja dan semprotkan campurannya di tempat nyamuk biasa berkumpul. []


Baca Juga :





Berita terkait
Bubuk Kopi Sebagai Alternatif Ampuh Usir Nyamuk
Bau kopi ternyata tidak disukai oleh serangga sehingga dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Selain itu kopi juga digunakan untuk mengusir nyamuk.
Selain Lavender, Ini 10 Tanaman Pengusir Nyamuk
Selain lavender, berikut ini 10 tanaman dengan bunga cantik dan kemampuan hebat yang bisa difungsikan sebagai pengusir nyamuk.
Bukan Corona, Ternyata Nyamuk Pembunuh Nomor 1 Dunia
Pakar IPB, Prof Upik Kesumawati Hadi menyebut masyarakat harus mewaspadai nyamuk, karena merupakan pembunuh nomor satu di dunia.
0
6 Cara Alami Agar Tubuh Terhindar dari Gigitan Nyamuk
Berhati-hatilah karena beberapa jenis nyamuk juga dapat menularkan beberapa penyakit mematikan,