Ada Ratusan Ribu Vaksin Kadaluwarsa, Menkes Bilang Begini

Inilah yang membuat negara-negara maju mengirimkan banyak stok vaksin mereka untuk Indonesia.
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Foto: setkab.go.id - Humas Setkab/Agung)

Jakarta - Adanya ratusan ribu vaksin Covid-19 yang kadaluwarsa dibenarkan langsung oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI, dikutip dari kanal Youtube Komisi IX DPR RI, Selasa, 18 Januari 2022.

“Memang sudah ada sejak Desember 2021, jadi ada beberapa ratus ribu yang kedaluwarsa. Sedikit sekali di November dan sedikit naik di Desember 2021," katanya.

Menkes Budi menjelaskan, vaksin kedaluwarsa tersebut hampir semuanya adalah vaksin Covid-19 donasi dari negara-negara maju di dunia. Bukan vaksin Covid-19 hasil pembelian murni.

“Kalau ditanya dari mana itu, vaksin kedaluwarsa ini hampir mungkin di atas 95 persen sekitar 97 persen adalah vaksin donasi. Vaksin donasi yang kita dapat, AstraZeneca, Pfizer, dan Moderna itu expiry datenya dekat,” katanya.

Negara-negara maju yang menjadi donatur vaksin sudah membeli banyak stok vaksin sejak lama dan sudah memvaksin hampir seluruh warganya.

“Vaksin ini diberikan oleh negara-negara maju, karena mereka sudah beli duluan sejak lama. Kemudian saat mereka sudah suntikan semua, dan kemudian mereka juga ngabisinnya susah dan itu yang mereka kasih ke WHO dan COVAX,” kata Menkes Budi lagi.

a menuturkan, karena Indonesia punya rantai dingin (cold chain) dan bisa menjalankan program vaksinasi Covid-19 dengan cepat. Berbeda dengan situasi di Afrika, yang mana saat WHO mengirimkan vaksin, alhasil vaksin tak bisa dipakai karena tidak ada rantai dan laju vaksinasinya yang lamban.

Inilah yang membuat negara-negara maju mengirimkan banyak stok vaksin mereka untuk Indonesia.

“Indonesia beruntung karena kita vaksinasinya cepat. Sehingga negara-negara itu kirim ke Indonesia, itu sebabnya kita dapat banyak. Cuma akibatnya, karena expire datenya dekat-dekat ya kita missed," katanya.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Kementerian Kesehatan Terbitkan Edaran Pelaksanaan Vaksinasi Booster
Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat vaksinasi primer dosis lengkap
Seluruh Warga Harus Ikuti Ketentuan Vaksinasi Booster Covid-19
Mekanisme yang telah disiapkan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan itu dimaksudkan agar kesehatan masyarakat semakin terjamin.
Vaksinasi Booster Pertimbangan Ketersediaan Vaksin dan Hasil Riset
Menkes Budi Gunadi Sadikin, menyampaikan pemberian vaksin ini akan mempertimbangan ketersediaan vaksin saat ini
0
Ada Ratusan Ribu Vaksin Kadaluwarsa, Menkes Bilang Begini
Inilah yang membuat negara-negara maju mengirimkan banyak stok vaksin mereka untuk Indonesia.