UNTUK INDONESIA
Abrasi Ancam Objek Wisata Unggulan Padang
Obyek pariwisata Pantai Padang terancam karena abrasi. Begini kondisinya saat ini
Masjid Al Hakim yang menjadi ikon wisata halal di Sumbar terancam abrasi. (Foto: Tagar/Rina Akmal)

Padang- Salah satu objek wisata unggulan Kota Padang Sumatera Barat (Sumbar), kawasan pantai Padang terancam abrasi.

Sejumlah objek wisata favorit bagi pengunjung berada dibibir pantai Padang, salah satunya Tugu Perdamaian Muaro Lasak, Tugu Indian Ocean Rim Association (IORA), dan Masjid Al Hakim yang saat ini sedang proses pembangunan.

Meskipun pengerjaan Masjid Al Hakim yang menjadi ikon wisata halal di Kota Padang, Sumatera Barat ini belum selesai, namun banyak pengunjung yang berswafoto karena bangunan masjid yang megah dan berada di tepi pantai.

Dari pantauan Tagar di lapangan, tampak bagian pondasi dan pagar masjid Al Hakim sebagian mulai runtuh karena pasir di bawah pondasi tersebut terkikis ombak.

Air pasang dan hantaman ombak yang cukup besar dalam beberapa pekan belakangan memicu kondisi tersebut. Abrasi di kawasan Pesisir Padang itu bahkan melampaui batu pemecah ombak.

Salah seorang pedagang yang berada di kawasan Muaro Lasak, Upik, 52 tahun mengatakan, kondisi air pasang tersebut sudah berlangsung sejak beberapa minggu belakangan. "Ditambah dengan ombak yang cukup besar membuat tampek berjualan saya semakin mundur ke belakang," kata Upik, Kamis 19 September 2019 di Padang.

Bahkan, sejumlah kursi para pedagang yang biasanya berjarak lebih dari 10 meter dari bibir pantai, sekarang sudah amblas diterjang ombak. "Kondisinya saat ini sepi, penjualan turun drastis. Ditambah lagi dengan kabut asap, orang jadi malas keluar rumah, apalagi duduk di tepi pantai," jelas dia.

Dia berharap, kondisi yang terjadi saat ini segera diselesaikan. Baik itu penanganan abrasi pantai ini, maupun kabut asap yang sudah sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat.

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Padang, Herman Peri dalam keterangannya dikutip dari laman Facebook Humas Pemko Padang, mengatakan, persoalan abrasi ini solusinya harus ada penahan ombak berupa seawall atau ground T.

Terkait pembangunan penahan ombak, Herman Peri menyebut akan berkoordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Kita coba berkoordinasi dan mengajukan pembangunan penahan ombak ke kementerian melalui BWS,” ujar dia.

Menurutnya, hal itu bukan saja karena mengancam bangunan masjid tetapi guna menghambat laju abrasi di sepanjang Pantai Padang. Sebab, Pantai Padang di sebelah utara, Muaro Lasak dan Pantai Cimpago juga sangat riskan digerus abrasi.

“Kita berharap, permintaan pembangunan itu (penahan ombak) bisa dikabulkan dan disegerakan tahun ini,” tutup dia. []

Baca juga:

Berita terkait
Korupsi Bekas Direktur RSUD Rasidin Padang Ditahan
Mantan RSUD Padang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan alat kesehatan tahun 2013
Ratusan Mahasiswa UIN IB Padang Demo Rektor
Ratusan mahasiswa UIN Imam Bonjol Padang, gelar unjuk rasa di Kampus II, Lubuk Lintah, Kota Padang. Ini tuntutannya.
Polisi Tetapkan 5 Tersangka Dalam Kasus RSUD Padang
Polisi mengeledah sejumlah ruangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasidin Padang. Penggeledahan terkait kasus korupsi Alat kesehatan tahun 2013
0
Alasan Driver Ojol Aksi Mogok Makan di Yogyakarta
Sejumlah driver ojek online (ojol) dari Go Car dan Grab Car menggelar aksi mogok makan sejak Selasa, 22 Oktober 2019.