UNTUK INDONESIA
Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketum PAN 2020-2025
Zulkifli Hasan (Zulhas) ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan periode 2020-2025 di Kongres V PAN di MTQ Square, Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). (Foto: Antara/Jojon)

Jakarta - Zulkifli Hasan (Zulhas) ditetapkan menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025. Dalam perhitungan suara pemilihan di Kongres V PAN, Zulha unggul dari kandidat lain, yaitu Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo.

Mantan Ketua MPR ini menang dengan jumlah 331 suara dari 563 total suara sah pada Kongres V PAN yang digelar di ballroom Hotel Claro, Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa 11 Februari 2020.

Sedangkan Mulfachri hanya mendapatkan 225 suara, selisih 106 suara dari Zulhas. Sementara Dradjad hanya mendapatkan 6 suara, dengan jumlah suara tidak sah sebanyak 3.

Sebelumnya Antara dalam laporanya menyatakan Kongres V PAN Sultra ricuh. Massa pendukung Mulfachri dan Zulhas saling lempar kursi dan botol air mineral di ruang kongres pada hari ini.

Keributan itu terjadi saat skorsing atau penghentian sementara sidang kongres tersebut. Sebelum skorsing Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dievakuasi untuk keluar ruang sidang tersebut

Kejadian itu berawal ketika sidang pleno diskorsing oleh ketua sidang dan meminta para peserta kongres untuk ke luar ruangan

Namun Zulhas beserta pendukungnya tidak mau keluar ruangan kongres. Hal itu memancing kemarahan pendukung Mulfachri, sehingga gesekan keduanya terjadi.

Pada Senin 10 Februari 2020, sekitar pukul 14.30 Wita, Kongres V PAN juga berlangsung ricuh. Insiden berlangsung setelah sekelompok orang meminta panitia menghentikan proses pendaftaran peserta Kongres PAN yang seharusnya ditutup sejak pukul 12.00 Wita. []

Berita terkait
Kongres V PAN, Pendukung Zulkifli-Mulfachri Bentrok
Massa pendukung dua caketum PAN Mulfachri-Zulkifli bentrok saling lempar kursi. Kongres V PAN kembali ricuh.
Zulkifli Hasan 2 Kali Mangkir KPK, Tak Patuh Hukum?
Mangkirnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dari panggilan penyidik KPK dinilai tidak kooperatif dalam pengungkapan kasus alih fungsi hutan 2014.
4 Syarat Anies Dapat Restu Gelar Formula E di Monas
Izin terkait rencana Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggelar balap Formula E dapat dikantongi asal 4 syarat terpenuhi.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.