Jakarta – PT CTRIP Technology Indonesia (Ctrip 360), perusahaan start-up yang bergerak di bidang VR Technology, Creative Content production, Live Streaming, dan E-commerce telah menjalin kerja sama dengan Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Perumkmindo).
Kerja sama ini dijalin guna membantu para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Indonesia agar bisnis yang tengah dijalankan dapat lebih dimaksimalkan dalam platform digital. Melalui kerja sama ini, Ctrip 360 membuka kelas training edukasi digital marketing.
Ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing ditengah era digitalisasi.
CEO PT CTRIP Technology Indonesia James Du mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan kerja sama yang telah dijalin. Pembukaan kelas training edukasi digital marketing sendiri dibuat untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten produk dan berjualan secara live streaming.
- Baca Juga: Dorong UMKM Ke Pasar Global, BRI Adakan UMKM EXPO(RT)
- Baca Juga: Buka Peluang Pasar Global, Kemenkeu Dorong Ekspor UMKM
“Di tengah era digitalisasi, tentunya banyak hal yang dapat kami lakukan dalam membangun Indonesia dan salah satunya adalah membantu mendigitalisasikan UMKM di Indonesia,” ujar James Du pada Senin, 20 Desember 2021.
Dikarenakan peluang bisnis UMKM yang lebih mengarah pada e-commerce, James Du meyakini kurangnya pelatihan, pendampingan, dan pemahaman terkait pemasaran digital menjadi salah satu penyebab mengapa banyak UMKM yang masih menggunakan cara konvensional.
James Du mengungkapkan bahwa Ctrip 360 melakukan strategi merger dengan Seahub Media untuk membuat program pelatihan jangka panjang melalui pendirian education center. COO Seahub Media Tommy Li juga mengharapkan program ini dapat menjadi jangka panjang dan luas.
Dari berbagai program pelatihan yang nantinya akan diberikan dalam bentuk kelas training, akan ada hadiah bagi para pelaku UMKM, peserta didik, hingga pengajar yang terpilih. Hadiah ini disebutkan bernilai 1 hingga 2 miliar.
Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Arifin Ibrahim menyambut kerja sama ini dengan baik. Dengan kerja sama yang berhasil dijalin, Arifin berharap para pelaku usaha dapat terbantu dalam memaksimalkan performa bisnis yang dimiliki di tengah padatnya produk luar negeri dalam platform digital.
- Baca Juga: Deputi Kemenkop Harapkan Rumah BUMN BRI Jadi Solusi UMKM
- Baca Juga: Dukung UMKM, Bukalapak dan Microsoft Rilis Platfrom Belajar
“Ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing ditengah era digitalisasi saat ini dan produk mereka lebih dikenal masyarkat luas,” kata Arifin.
(Rana Maheswari Ummairah)