Yakini Pengaruh Digital, Ctrip 360 Buka Kelas untuk UMKM

CEO PT CTRIP Technology Indonesia James Du mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan kerja sama yang telah dijalin dengan UMKM.
Ilustrasi - Platform digital untuk UMKM. (Foto: Tagar/Unsplash/Roberto Cortese)

Jakarta – PT CTRIP Technology Indonesia (Ctrip 360), perusahaan start-up yang bergerak di bidang VR Technology, Creative Content production, Live Streaming, dan E-commerce telah menjalin kerja sama dengan Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia (Perumkmindo).

Kerja sama ini dijalin guna membantu para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) Indonesia agar bisnis yang tengah dijalankan dapat lebih dimaksimalkan dalam platform digital. Melalui kerja sama ini, Ctrip 360 membuka kelas training edukasi digital marketing.


Ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing ditengah era digitalisasi.


CEO PT CTRIP Technology Indonesia James Du mengatakan bahwa pihaknya sangat senang dengan kerja sama yang telah dijalin. Pembukaan kelas training edukasi digital marketing sendiri dibuat untuk membantu para pelaku usaha dalam membuat konten produk dan berjualan secara live streaming.

“Di tengah era digitalisasi, tentunya banyak hal yang dapat kami lakukan dalam membangun Indonesia dan salah satunya adalah membantu mendigitalisasikan UMKM di Indonesia,” ujar James Du pada Senin, 20 Desember 2021.

Dikarenakan peluang bisnis UMKM yang lebih mengarah pada e-commerce, James Du meyakini kurangnya pelatihan, pendampingan, dan pemahaman terkait pemasaran digital menjadi salah satu penyebab mengapa banyak UMKM yang masih menggunakan cara konvensional.

James Du mengungkapkan bahwa Ctrip 360 melakukan strategi merger dengan Seahub Media untuk membuat program pelatihan jangka panjang melalui pendirian education center. COO Seahub Media Tommy Li juga mengharapkan program ini dapat menjadi jangka panjang dan luas.

Dari berbagai program pelatihan yang nantinya akan diberikan dalam bentuk kelas training, akan ada hadiah bagi para pelaku UMKM, peserta didik, hingga pengajar yang terpilih. Hadiah ini disebutkan bernilai 1 hingga 2 miliar.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Usaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Arifin Ibrahim menyambut kerja sama ini dengan baik. Dengan kerja sama yang berhasil dijalin, Arifin berharap para pelaku usaha dapat terbantu dalam memaksimalkan performa bisnis yang dimiliki di tengah padatnya produk luar negeri dalam platform digital.

“Ini merupakan suatu kemajuan bagi para pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk bertransformasi ke arah digital dengan mengembangkan cara promosi mereka agar dapat bersaing ditengah era digitalisasi saat ini dan produk mereka lebih dikenal masyarkat luas,” kata Arifin.

(Rana Maheswari Ummairah)

Berita terkait
Dukung UMKM, Bukalapak dan Microsoft Rilis Platfrom Belajar
Dalam mendukung UMKM di Indonesia, Bukalapak dan Microsoft secara resmi telah meluncurkan Akademi Jagoan by Bukalapak pada Senin, 20 Desember 2021.
Buka Peluang Pasar Global, Kemenkeu Dorong Ekspor UMKM
Kemenkeu UMKM mengajak beberapa pelaku UMKM untuk ikut serta dalam expo 2020 Dubai yang menjadi rangkaian dari World Expo.
Menuju Transformasi, Kemenkominfo Ajak UMKM ke Ruang Digital
Dalam mempercepat penyediaan talenta digital untuk kebutuhan transformasi digital Kemenkominfo menginisiasi program Digital Talent Scholarship.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.