Xiumin Exo Selesaikan Masa Wajib Militer Pada 6 Desember 2020

Personel grup boyband K-Pop Exo, Xiumin, dikabarkan bakal menuntaskan masa wajib militernya pada 6 Desember 2020 mendatang.
Personel grup boyband Exo, Xiumin dikabarkan telah mengakhiri masa wajib militernya. (Foto: dok. SM Entertainment)

Jakarta - Personel grup boyband K-Pop Exo, Xiumin, dikabarkan bakal menuntaskan masa wajib militernya pada 6 Desember 2020 mendatang menyusul kebijakan pemerintah mengenai cuti terkait pandemi virus corona (Covid-19).

Media MBN melaporkan, Xiumin Exo menjalani masa wamil sejak 7 Mei 2019 lalu dan statusnya sebagai tentara aktif, seharusnya baru akan berakhir setelah dua tahun. Namun lantaran adanya kebijakan baru tersebut, ia dapat keluar dari pangkalan militer lebih cepat.

Setelah keluar dari pangkalan militer, nantinya bintang bernama lengkap Kim Min-seok itu tetap dilarang berpartisipasi dalam bisnis atau pekerjaan lainnya hingga status militernya berakhir.

Diberlakukannya kebijakan baru mengenai cuti di tengah pandemi memang memungkinkan semua peserta wajib militer yang saat ini masih menjalani masa dinas bisa menyelesaikan kewajibannya atau keluar pangkalan militer lebih cepat dari yang dijadwalkan.

Mama 2020Boyband Exo masuk dalam nominasi di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020. (Foto: Mnet)

Saat ini, pemerintah memberikan kebebasan kepada seluruh tentara aktif untuk memilih menggunakan sisa hari cuti mereka atau tidak. Jika memilih untuk menggunakannya, maka peserta wajib militer tersebut tidak perlu kembali ke pangkalan militer setelah cuti.

Namun begitu, peraturan tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang sudah hampir menyelesaikan wajib militer secara normal. Pasalnya, total pemotongan ditentukan dari jumlah hari libur yang tersisa sebelum keluar wajib militer sesuai jadwal awal.

Di sisi lain, pemerintah juga menetapkan peraturan larangan bagi yang masih menjalani wajib militer untuk mengambil libur atau menerima kunjungan tamu, demi meredam penyebaran virus corona di dalam area pangkalan militer.

Selain itu, beberapa member Exo yang lain, yakni Do Kyung Soo atau yang akrab disapa D.O juga bakal segera mengahiri masa wajib militernya pada 25 Januari 2021 mendatang, setelah memulai masa wamil sejak 1 Juli 2019 lalu.

Kim Jun Myeon alias Suho Exo juga bakal menyelesaikan masa wajib militernya pada 12 Februari 2022. Leader grup tersebut telah memulai statusnya sebagai tentara aktif sejak 14 Mei 2019 lalu.

Di sisi lain, Chen Exo justru baru menjalani wajib militer sejak 26 Oktober 2020 lalu. Jika sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, ia bakal menyelesaikan masa wamilnya dua tahun mendatang. []

Berita terkait
Kai Exo Siap Rilis Album Solo, SM Entertainment Beri Bocoran
Personel grup boyband Exo, Kai, resmi bakal melakukan debut solonya dengan merilis album bertajuk KAI (EXO) pada 30 November 2020 mendatang.
Daftar Lengkap Nominasi Ajang Penghargaan MAMA 2020
Berikut Tagar rangkumkan daftar lengkap nominasi Mnet Asian Music Awards 2020.
BTS, Taylor Swift dan Daftar Pemenang di Ajang AMA 2020
Berikut Tagar rangkumkan daftar pemenang ajang penghargaan American Music Awards (AMA) 2020, termasuk BTS, Taylor Swift dan The Weeknd.
0
PPKM Mikro Seluruh Provinsi di RI Resmi Berlaku Hari Ini
Pemerintah resmi memberlakukan PPKM di seluruh Provinsi Indonesia per 1 Juni hingga 14 Juni 2021 untuk menekan penyebaran Covid-19 di Tanah Air.