Pemerintah Kota Makassar

Xavi Hernandez Kian Dekat ke Barcelona

Kalau terpilih jadi pelatih Barcelona, apa yang akan dilakukan Xavi Hernandez: sayap lebar, tekanan tinggi, penguasaan bola .. atau gaya yang jelas
Xavi Hernandez (Foto: marca.com)

Oleh: Juan Castro (Madrid) diadaptasi oleh Ben Feldman

Xavi Hernandez semakin dekat untuk menjadi pelatih Barcelona, karena masa dua tahunnya sebagai pelatih Al Sadd di Qatar tampaknya akan segera berakhir.

Xavi telah menikmati awal yang sangat baik untuk karir kepelatihannya sebagai bos Al Sadd, memimpin mereka melalui periode superioritas di Qatar, dengan tim yang memiliki 10 pemain internasional Qatar.

MARCA terus memantau perkembangannya, karena baru minggu lalu, kami pergi ke Qatar untuk menonton sesi latihan dan pertandingan timnya, dan berikut adalah beberapa hal penting yang kami pelajari tentang cara tim Xavi Hernandez bermain.

1. Milik

"Tim saya harus melakukan kerusakan melalui penguasaan bola," kata Xavi baru-baru ini kepada The Coaches' Voice.

"Memiliki bola adalah cara untuk mempertahankan diri."

Sisi Al Sadd-nya memiliki persentase penguasaan bola yang sangat tinggi, meskipun ini bisa menjadi akibat langsung dari keunggulan para pemainnya.

Xavi Hernandez di Al Sadd di QatarXavi Hernandez sebagai pelatih Al Sadd di Qatar (Foto: marca.com)

2. Sayap lebar

Ide jelas Xavi lainnya adalah bahwa ia ingin memanfaatkan lebar lapangan secara penuh dengan pemain sayap yang luar biasa; sesuatu yang kurang umum saat ini mengingat peran pemain sayap tradisional sudah ketinggalan zaman.

Dengan Al Sadd ia memanfaatkan pemain muda Akram Afif, yang saat ini menjadi pemain terbaik di Qatar, di sisi kiri, dan Xavi akan menggunakan sayap untuk menyerang lawan Barcelona.

3. Tekanan tinggi

Di tim Xavi, semua orang bertahan saat tim tidak menguasai bola, dengan tim menekan lawan mereka di atas lapangan.

"Semakin kami merebut bola kembali, semakin dekat kami ke kotak lawan," kata Xavi.

4. Permainan posisi

Permainan posisi adalah salah satu faktor kunci DNA Barcelona dan itu paling baik diwakili selama mantra Pep Guardiola, pelatih Xavi menganggap sebagai yang terbaik di dunia saat ini.

Permainan posisi terdiri dari menciptakan keunggulan numerik di seluruh lapangan untuk melukai lawan, dan Xavi akan berusaha untuk memasangnya sekali lagi di Camp Nou.

5. Main dari belakang

Ini adalah salah satu keunggulan tim Al Sadd-nya, yang hampir selalu berusaha membangun dari belakang untuk memulai serangan mereka, meskipun faktanya kualitas para pemain mereka kurang dari pemain di Spanyol.

“Ketika Anda membawa bola keluar, orang ketiga tidak mungkin bertahan,” kata Xavi.

“Bayangkan [Gerard] Pique ingin memainkan bola untuk saya, tetapi saya ditandai. Saya memiliki seseorang yang mengawasi saya, pria yang sangat menyebalkan.

“Jelas bahwa Pique tidak bisa memberikannya kepada saya, itu jelas, oleh karena itu saya pindah dan saya membawa penanda saya. Kemudian (Lionel) Messi turun dan menjadi orang kedua.

"Pique adalah yang pertama, Messi yang kedua dan saya yang ketiga. Dan begitulah terus menerus. Bermain dari belakang seperti itu selalu menciptakan keunggulan."

Gerard Pique rayakan golGerard Pique rayakan gol pada laga Barcelona vs Dinamo Kyiv di lanjutan Liga Champions, 20 Oktober 2021, dengan kemenangan Barcelona 1-0 (Foto: marca.com/EFE)

Ini adalah beberapa prinsip sepak bola Xavi, dan dia akan bertujuan untuk memperkenalkannya dengan efek yang luar biasa ketika dia memimpin klub masa kecilnya.

"Kami ingin orang-orang menikmati menonton tim saya," kata Xavi.

"Gaya saya tidak dapat disangkal dan ini adalah bagaimana kami ingin menyakiti lawan kami." (marca.com). []

Calon Pelatih Barcelona: Koeman, Guardiola, Klopp, Arteta

Pelatih Barcelona Dapat Dukungan dari Pemain

Ronald Koeman Perpanjang Kontrak Sebagai Pelatih Barcelona

Gerard Pique Isyaratkan Pergantian Pelatih di Barcelona

Berita terkait
Real Madrid Tekuk Barcelona di Kandang 2 - 1
Real Madrid muncul sebagai pemenang dalam pertandingan terakhir El Clasico, meraih kemenangan 2-1 di Barcelona
0
Xavi Hernandez Kian Dekat ke Barcelona
Kalau terpilih jadi pelatih Barcelona, apa yang akan dilakukan Xavi Hernandez: sayap lebar, tekanan tinggi, penguasaan bola .. atau gaya yang jelas