UNTUK INDONESIA
WNI ABK Diamond Princess Mendarat di BIJB Kertajati
Menhub Budi Karya Sumadi memilih BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat untuk turunkan 69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang.
Personel Polri melakukan pengamanan di Bandara Internasional Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu, 1 Maret 2020. (Foto: Antara/Dedhez Anggara/wsj)

Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memilih Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat sebagai tempat pendaratan pesawat Garuda Indonesia yang membawa 69 warga negara Indonesia (WNI) Anak Buah Kapal (ABK) Diamond Princess dari Yokohama, Jepang seusai dinyatakan negatif terinfeksi virus corona atau COVID-19.

Salah satu alasannya, kata dia lalu lintas penerbangan pesawat di Bandara Kertajati paling sedikit, dibandingkan dengan bandara lain dalam negeri.

"Jadi sangat memungkinkan untuk dilakukannya pendaratan di sini. Kemudian, penerbangan terakhir di Bandara Kertajati yaitu 21.00, sementara pendaratan pesawat Garuda yang membawa 69 WNI sekitar 23.00,” ucap Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 1 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Selain itu, menurutnya kapasitas Bandara Kertajati luas. "Jadi selama tiga hari, pesawat itu tidak bergerak dari tempatnya karena ada sterilisasi oleh Kementerian Kesehatan. Kalau di tempat lain, tempatnya penuh semua," tuturnya.

ABK Diamond PrincessPetugas kesehatan bersiap menyemprotkan cairan disinfektan kepada WNI ABK Diamond Princess dan barang bawaan saat turun dari kapal di Yokohama, Jepang, Minggu, 2 Maret 2020. (Foto: Antara/HO/KBRI Tokyo/wpa/hp)

69 WNI ABK Diamond Princess dari Yokohama, Jepang yang terdiri dari dua wanita dan 67 pria, akan mendarat di Bandara Kertajati, Majalengka, Minggu, 1 Maret sekitar 23.00. Mereka menggunakan pesawat Garuda didampingi oleh 11 kru dan 12 tim pendamping.

Rencananya, setelah mendarat di Bandara Kertajati 69 WNI akan diangkut menggunakan lima bus Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto menuju ke Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Indramayu milik PT PLN.

Mereka akan dievakuasi menggunakan KRI Suharso dari dermaga PLTU Indramayu ke Pulau Sebaru untuk karantina kesehatan yang dinyatakan negatif terdampak virus corona atau COVID-19 atau tidak, selama 14 hari. []


Berita terkait
Selama 3 Bulan, Menhub Beri Diskon Pesawat 50 Persen
Menhub Budi Karya Sumadi akan mempertimbangkan perpanjangan pemberian insentif berupa potongan harga 50 persen untuk tiket maskapai domestik.
ABK Kapal World Dream Segera Tiba di Pulau Sebaru
188 warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi anak buah kapal (ABK) di World Dream, menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta.
Jokowi Ungkap Alasan ABK Dievakuasi ke Pulau Seribu
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan alasan mengapa WNI ABK kapal di Jepang akan dievakuasi ke Kepulauan Seribu di Jakarta.
0
Demi Liga Champions, Aguero Bertahan di Man City
Striker Sergio Aguero bakal mengakhiri kontrak di Manchester City dan kembali ke Argentina. Namun dia berubah pikiran dan bertahan di Man City.