UNTUK INDONESIA
Wisata Karimunjawa Jepara Siap Sambut New Normal
Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap pariwisata Karimunjawa bisa dibuka. Karimunjawa satu-satunya wilayah di Jepara yang zona hijau covid.
Pesona Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, siap menyongsong new normal kepariwisataan. (Foto: Instagram/@ambar_adi_winarso)

Jepara - Kecamatan Karimunjawa menjadi satu-satunya wilayah di Kabupaten Jepara yang berstatus zona hijau. Karenanya pariwisata Karimunjawa siap menyambut era tatanan baru atau new normal. 

Demikian dikatakan Bupati Jepara Dian Kristiandi saat menyambut kedatangan Kepala Polda (Kapolda) Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi, Jumat, 7 Agustus 2020.  

"Pak Kapolda bisa lihat sendiri, warga Karimunjawa sudah memahami dan beradaptasi dengan kebiasaan baru, yakni penerapan protokol kesehatan dalam berkegiatan dan berkehidupan," tutur dia.

Dian Kristiandi menuturkan pariwisata di Kepulauan Karimunjawa maupun pariwisata lain di Kabupaten Jepara sudah lima bulan terakhir ini ditutup imbas pandemi Covid-19. Dampaknya para pelaku usaha pariwisata di Jepara mengalami kesulitan untuk bertahan karena tidak ada pemasukan sama sekali. 

Potensi wisata di Karimunjawa tidak kalah dengan lokasi wisata lain di Indonesia seperti di Bali dan Bunaken.

Kesulitan itu juga dirasakan di kepariwisataan Karimunjawa. Meski belum ada kasus covid namun penutupan dan pembatasan kegiatan pariwisata membuat wisata Karimunjawa mati suri. 

"Potensi wisata di Karimunjawa tidak kalah dengan lokasi wisata lain di Indonesia seperti di Bali dan Bunaken. Karimunjawa ibarat miniatur Indonesia. Kepulauan kami ada, suku bangsa juga beraneka ragam. Belum lagi agama dan budaya yang menjadikan Karimunjawa menarik untuk dikunjungi,” tutur dia.

Karenanya, dalam kesempatan itu, Dian Kristiandi berharap penuh ke Kapolda Ahmad Luthfi agar menyampaikan kondisi tersebut ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Sekaligus membuka pariwisata Karimunjawa. 

"Sehingga nanti minta tolong disampaikan ke gubernur agar pariwisata di Karimunjawa bisa dibuka kembali,” katanya. 

Ahmad Luthfi mengunjungi Karimunjawa dalam rangka membuka bakti sosial dan bakti kesehatan yang diselenggarakan di Pelabuhan Legon Bajak, Kemujan. Ia menyerahkan bantuan 200 paket sembako, 2.000 masker dan 50 liter hand sanitizer kepada warga Karimunjawa.

Baca juga: 

Bantuan yang diberikan ini, diharapkan bisa sedikit meringankan beban masyarakat. Kapolda juga berpesan agar masyarakat Karimunjawa tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Protokol kesehatan harus menjadi kebiasaan kita semua, agar kita benar-benar siap menerima wisatawan. Kehadiran kami juga untuk mendorong kegiatan masyarakat agar pulih kembali di masa pandemi ini," katanya. 

Soal harapan Bupati Jepara, Ahmad Luthfi mengungkapkan siap menyampaikan aspirasi pembukaan pariwisata Karimunjawa ke Ganjar Pranowo. Tak hanya di Karimunjawa, sejumlah destinasi di Jawa Tengah dinilai juga sudah siap kembali menerima kunjungan wisata dengan penerapan protokol kesehatan covid secara ketat. []

Berita terkait
Kiat Mahasiswa Semarang Kelola Sampah Karimunjawa
Mahasiswa KKN UIN Walisonongo Semarang memunguti sampah di pantai Karimunjawa, Jepara. Sampah diubah menjadi produk kreatif.
Kapal Tongkang Dibiarkan Masuk Karimunjawa Jepara
3 hari terakhir, area konservasi Kepulauan Karimunjawa kembali dimasuki kapal tongkang batu bara.
Kabar Gembira, Nam Air Mulai Layani Rute Semarang - Karimunjawa
Keberadaan Nam Air mampu mempersingkat waktu tempuh menuju Karimunjawa dari transportasi laut dengan waktu hingga 2 jam.
0
Wisata Karimunjawa Jepara Siap Sambut New Normal
Bupati Jepara Dian Kristiandi berharap pariwisata Karimunjawa bisa dibuka. Karimunjawa satu-satunya wilayah di Jepara yang zona hijau covid.