WHO Desak Warga Eropa Liburan Secara Bertanggung Jawab

WHO memperingatkan bahaya Covid-19 dan mendesak warga Eropa untuk bepergian secara bertanggung jawab dalam liburan musim panas
Ilustrasi: (Foto: voaindonesia.com -AP Photo/Anja Niedringhaus, File)

Jakarta – Organisasi Kesehatan Dunia PBB (WHO), 10 Juni 2021, mendesak warga Eropa untuk bepergian secara bertanggung jawab dalam liburan musim panas dan memperingatkan bahwa benua itu “sama sekali belum lepas dari bahaya” dalam perang melawan Covid-19 meskipun tingkat infeksi terus menurun dalam beberapa pekan ini.

“Dengan meningkatnya pertemuan sosial, mobilitas populasi yang lebih besar, serta festival besar dan turnamen olahraga berlangsung dalam beberapa hari dan pekan mendatang, WHO Eropa menyerukan tindak kehati-hatian,” kata kepala WHO Eropa, Hans Kluge, dalam keterangan pers.

“Jika Anda memilih untuk bepergian, lakukanlah secara bertanggung jawab. Sadarilah risikonya. Terapkan akal sehat dan jangan merusak pencapaian yang diraih dengan susah payah,” kata Kluge.

Selama dua bulan ini, kasus-kasus baru, kematian dan rawat inap akibat Covid-19 telah berkurang, membuat 36 dari 53 negara di kawasan itu untuk mulai melonggarkan pembatasan.

Hans KlugeHans Kluge di Moskow, Rusia, 23 September 2020 (Foto: voaindonesia.com - Sputnik/via Reuters)

Jumlah infeksi Covid-19 yang dilaporkan pekan lalu tercatat 368.000, seperlima dari kasus mingguan yang dilaporkan pada masa puncak pandemi April tahun ini, kata Kluge.

“Kita harus mengakui kemajuan dicapai di banyak negara di kawasan, kita juga harus mengakui bahwa kita sama sekali belum keluar dari bahaya,” lanjutnya.

Kluge mengatakan varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India, menjadi hal yang mengkhawatirkan. Varian ini, menurut Kluge, “menunjukkan tingkat penularan yang lebih cepat.”

Negara-negara harus belajar dari kemunculan kembali kasus-kasus yang terlihat selama musim panas tahun lalu, meskipun vaksinasi dilakukan di berbagai penjuru kawasan itu.

Dengan hanya 30 persen di kawasan yang telah menerima dosis pertama vaksin, jumlah tersebut tidak akan cukup untuk mencegah gelombang virus lainnya, lanjut Kluge (uh/ab)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
Rasa Bersalah Wisatawan Jerman Ketika Liburan ke Mallorca
Pada libur Paskah turis Jerman diperkirakan kembali ke Pulau Mallorca, Spanyol, terjadi perdebatan tentang berlibur saat pandemi Covid-19
Mallorca di Spanyol Pulau Favorit Orang Jerman Saat Liburan
Di tengah-tengah pandemi Covid-19, Mallorca, sebuah pulau di tenggara Spanyol, jadi salah satu pilihan teratas wisata musim panas di Eropa
0
WHO Desak Warga Eropa Liburan Secara Bertanggung Jawab
WHO memperingatkan bahaya Covid-19 dan mendesak warga Eropa untuk bepergian secara bertanggung jawab dalam liburan musim panas