WhatsApp Lakukan Uji Coba Fitur Reaction di Android

WhatsApp melakukan uji coba terhadap fitur terbarunya yang mereka kembangkan yakni fitur reaction, fitur ini akan diuji coba terlebih dahulu.
Ilustrasi - Menggunakan fitur reaction di WhatsApp Beta. (Foto: Tagar/Unplash/Asterfolio)

Jakarta – WhatsApp melakukan uji coba terhadap fitur terbarunya yang mereka kembangkan yakni, fitur reaction, fitur ini akan diuji coba terlebih dahulu di aplikasi WhatsApp versi beta pada Android. Informasi ini berasal dari laporan WABetaInfo dari versi beta 2.21.24.8 yang sudah mulai dirilis.

Selama Beberapa bulan terakhir WhatsApp yang merupakan anak perusahaan dari Meta ini memang tengah mengembangkan fitur ini. Sesuai dengan namanya, fitur ini dapat memberikan reaksi pada pesan yang telah diterima seperti aplikasi Facebook serta Direct Message (DM) Intagram.

Fitur ini sebelumnya memang sudah ada di Facebook, yang dimana dapat memberikan respon terhadap postingan ataupun kolom komentar. Dengan menghadirkan fitur ini, pengguna dapat mengetahui apakah pesan tersebut mendapatkan respon oleh orang lain atau tidak.

WhatsApp awalnya tidak memliki rencana untuk memberi tahu kehadiran fitur ini kepada penggunanya. Namun akhirnya perusahaan dari Meta ini mulai mengembangkan fitur ini dalam versi Ios versi beta dan saat ini sudah mulai dikembangkan pada pengguna Android.

Kehadiran fitur ini masih belum diketahui akan hadir secara resmi sampai kapan, karena saat ini masih tahap pengujian serta fitur reaction masih dibagikan secara bertahap pada versi WhatsApp beta. Nantinya, fitur ini juga bisa dilakukan pada obrolan pribadi ataupun grup.

Fitur reaksi pada pesan untuk aplikasi chat seperti ini memang terbilang cukup baru. Umumnya, aplikasi chat hanya menghadirkan fitur-fitur biasa seperti reply, Forwarf, dan emoji stiker.

Selain itu, aplikasi WhatsApp tidak dapat digunakan pada beberapa smartphone, pihaknya mengumumkan akan menghentikan dukungan bagi yang masih menggunakan sistem operasi Android lama yakni, OS 4.0.4 dukungan ini sudah dihentikan pada 1 november 2021 lalu.

Selain fitu reaction, belakangan ini WhatsApp terus melakukan pembaruan yang cukup cepat untuk mengoptimalkan aplikasinya tersebut, termasuk fitur menyembunyikan fitu last seen atau terakhir dilihat untuk kontak tertentu.

Adanya persaingan ketat yang dengan pengembangan aplikasi chat lainnya juga menjadi salah satu faktor WhatsApp untuk terus melakukan pengembangan aplikasinya ini. Apalagi sempat adanya rumor penyebaran data penggunanya pada beberapa waktu yang lalu.

(Ranutyas Djati Kusuma)

Berita terkait
5 Cara untuk Menyadap WhatsApp Orang Lain dengan Mudah
Ini boleh saja dilakukan, asalkan jangan sampai merugikan pihak-pihak lain.
3 Cara Forward WhatsApp Otomatis Kirim Pesan
Bagi pengguna WhatsApp tak perlu khawatir cara forward WhatsApp otomatis karena hanya tinggal sekali klik sehingga sangat mudah dan praktis.
Cara Mengatasi Penyimpanan Internal WhatsApp yang Penuh
WhatsApp Messenger merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan bertukar pesan tanpa pulsa. Berikut cara atasi penyimpanan penuh.
0
WhatsApp Lakukan Uji Coba Fitur Reaction di Android
WhatsApp melakukan uji coba terhadap fitur terbarunya yang mereka kembangkan yakni fitur reaction, fitur ini akan diuji coba terlebih dahulu.