Wayang Jogja Night Carnival Meramaikan HUT ke-265 Yogyakarta

Gelaran WJNC kali ini mengangkat tema Semar Boyong.
Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #6. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #6 dengan tema 'Semar Boyong' menjadi puncak peringatan HUT Kota Yogyakarta ke-265. WJNC kali ini disiarkan secara daring oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta, Kamis, 7 Oktober 2021 malam.

Pagelaran acara ini dilakukan dengan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19 yang ketat agar tidak menimbulkan klaster baru penularan Covid-19, mengingat saat ini penambahan kasus baru positif di Kota Yogyakarta sudah menunjukkan tren penurunan, dengan angka di bawah 10 kasus baru per hari.

"Ini adalah tahun kedua pandemi dengan kondisi PPKM level 3, maka semua gelaran acara dilakukan dengan prokes secara ketat," kata Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti.

Pihak-pihak yang terlibat dalam WJNC #6 ini juga sudah divaksin, setidaknya dosis pertama. Selain itu, rapid diagnostic test (RDT) antigen juga diwajibkan bagi seniman yang melakukan pementasan wayang.

"Untuk menumbuhkan rasa aman dan nyaman bagi semua pihak, maka dalam kegiatan WJNC para seniman yang ikut serta dalam pementasan telah kami asuransikan dan telah divaksin, serta sebelum pementasan dilakukan tes swab antigen," jelas Haryadi.

 WJNC sendiri digelar secara rutin tiap tahunnya sejak 2016. Pada walnya, WJNC merupakan kegiatan sore hari yang dalam penyelenggaraannya dilakukan hingga malam.

"Selanjutnya, (WJNC) dilaksanakan pada malam hari dengan penguatan konten dan ciri khas Yogyakarta yakni wayang," jelas Haryadi.

Dalam rangkaian HUT Kota Yogyakarta ke-265 ini, Pemkot Yogyakarta juga sudah menyelesaikan vaksinasi Covid-19 bagi warga yang layak divaksin sebagai upaya membentuk herd immunity sekaligus kado untuk masyarakat Kota Yogyakarta.

"Kondisi masyarakat yang divaksin sudah merata, bahkan sudah tuntas vaksin," kata Haryadi. []


Baca Juga :



Berita terkait
Selama Pandemi Covid-19 Pariwisata Yogyakarta Rugi Rp 10 Triliun
Selama enam belas bulan terakhir, sektor pariwisata mati suri. Aneka pembatasan mobilitas menambah berat beban pelaku industri ini
Sinopsis Film Keramat, Kisah Mistis di Yogyakarta
Film dengan judul Keramat merupakan film horor Indonesia yang mengisahkan tentang kisah mistis di Yogyakarta.
Luhut Kunjungi Solo Raya dan Yogyakarta Lihat Tempat Isolasi
Menteri Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi wilayah Solo Raya dan Yogyakarta untuk melihat perkembangan tempat Isolasi terpusat dan vaksinasi.