5 Festival Paling Aneh dalam Sejarah Peradaban Manusia

Sepanjang sejarah peradaban manusia begitu banyak festival budaya dan kepercayaan di gelar di seluruh penjuru dunia. Berikut yang paling unik.
Ilustrasi - Festival paling aneh dalam sejarah peradaban manusia. (Foto: Tagar/Travel)

Jakarta - Dunia telah mengalami proses peradaban manusia yang sangat panjang hingga mengantarkannya ke era globalisasi yang penuh dengan digitalisasi.

Proses perkembangan yang panjang itu, tentu juga meliputi ideologi, kepercayaan hingga kultur dan budaya yang beragam. Masing-masing melahirkan hari raya yang dilestarikan oleh manusia.

Beberapa di antaranya memperingati hari-hari besar tersebut dengan ragam festival yang menarik. Namun, ada juga sejumlah festival yang aneh dan unik sepanjang sejarah peradaban manusia, sebagai berikut.


1. Festival Beltane

Bangsa Viking merupakan suku bangsa yang berkembang di Skandinavia, dengan golongan masyarakat cenderung pekerja keras dan memiliki hubungan harmonis. Namun, hubungan satu sama lain sayangnya melewati batas tertentu.

Dalam sebuah perayaan bernama Festival Beltane, suku bangsa Viking saat itu cenderung berkumpul dan membangun api unggun raksasa untuk memutarinya sambil menari-nari. Kemudian pada puncak acara, para pemburu dapat memilih pasangannya untuk berhubungan intim di pinggir api unggun.


2. Festival Gerewol

Festival ini berasal dari negeri Nigeria yang berada di Afrika Barat, yaitu suku Wodaabe yang merupakan suku yang cukup tua dan dikenal dengan sering menyelenggarakn Festival Gerewol.

Festival Gerewol merupakan tradisi tahunan yang mengharuskan setiap pria menari di depan para perempuan dengan riasan dan kostum khusus. Kemudian, perempuan yang tertarik akan secara otomatis menjadi istri mereka meskipun sudah menjadi istri orang lain.


3. Festival Bacchanalia

Pada masa kejayaannya, Babylonia kuno memiliki sebuah tradisi yang dikenal dengan nama Pesta Bacchanalia. Pesta ini merupakan bagian dari peringatan dan penghormatan khusus kepada Dewa Tammuz, yang dipercayai oleh segenap masyarakat.

Namun, siapa yang menyangka bahwa perayaan Pesta Bacchanalia meliputi kegiatan saling berganti pasangan dan melakukan hubungan badan berjamaah. Tidak tanggung-tanggung, setiap orang bebas memilih pasangan yang mereka inginkan tanpa batasan.


4. Festival Pidakala War

India dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan keragaman kultur dan budaya, sekaligus tradisi yang terbilang cukup unik. Salah satunya adalah tradisi masyarakat dalam menyelenggarakan festival tahunan bernama Pidakala War atau Perang Pidakala.

Sesuai namanya, festival ini memang ditandai dengan aksi perang. Namun, perang yang dimaksud adalah kegiatan saling melempari kotoran sapi. Melansir dari Unilad, cara tersebut diyakini sebagai tanda yang mampu membawa kemakmuran dan kesehatan.


5. Pesta Nero

Dalam sejarah kekaisaran Romawi, Nero dikenal sebagai sosok kaisar yang tidak pernah mengindahkan kesejahteraan masyarakat. Tidak tanggung-tanggung, Kaisar Nero mengharuskan setiap perempuan untuk diperawani oleh dirinya sebagai bentuk penghormatan.

Dari situlah, pesta Nero berkembang sebagai pesta erotis yang mengharuskan setiap rakyat Roma pada era tersebut untuk mengikuti pesta erotis. Namun, setiap perempuan yang masih perawan hanya diperuntukkan bagi sang Kaisar sebelum melalui proses pernikahan dan lainnya.

Nah, itulah sejumlah festival yang dikatan aneh namun unik sepanjang peradaban manusia di dunia. []

Berita terkait
Pengumuman Juara Festival Film Pendek BNN 2021
Keputusan pemenang Festival Film Pendek BNN 2021 itu telah melalui proses penjurian yang panjang dan ketat oleh dewan juri.
Penjurian Grand Final Festival Film Pendek BNN 2021
Ketua Panitia FFB 2021 Hanny Andhika, SIK, SH, MH menjelaskan bahwa pada penjurian Grand Final ini melibatkan sineas perfilman senior
HANI 2021: BNN Gelar Lomba Festival FIlm Pendek
Untuk meramaikan helatan itu, panitia Festival Film Pendek, BNN melakukan sosialisasi di BNN Provinsi dan BNN Kota.
0
5 Festival Paling Aneh dalam Sejarah Peradaban Manusia
Sepanjang sejarah peradaban manusia begitu banyak festival budaya dan kepercayaan di gelar di seluruh penjuru dunia. Berikut yang paling unik.