Waspadai Sindrom Cabin Fever di Tengah Perpanjangan PPKM

sindrom ini merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai dengan stres berkepanjangan dan trauma berat akibat terlalu lama di rumah.
Ilustrasi Isolasi Mandiri. 9Foto: Tagar/Ayoyogya)

Jakarta - Penerapan PPKM Level 4 berkepanjangan membuat banyak orang harus beraktivitas di rumah. Selain ekonomi, terlau banyak dirumah bisa berdampak buruknya bagi kesetahan secara fisik.

Situs Health Line mengungkapkan bahwa aktivitas yang dibatasi di dalam rumah ini bisa menimbulkan cabin fever atau demam kabin.

Sesuai dengan namanya, sindrom ini merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai dengan stres berkepanjangan dan trauma berat akibat terlalu lama di rumah.

Gejala ini akan cepat dirasakan oleh seorang extrovert, orang yang suka bepergian, dan orang-orang yang tidak betah di rumah.

Apa sih cabin fever itu?

Dilansir Health Line, Cabin fever adalah suatu gejala atau kondisi seseorang merasa tidak bahagia dan bosan karena terlalu lama berada dalam suatu ruangan atau rumah. 

Kendati demikian, cabin fever bukanlah suatu diagnosis penyakit psikologis, gangguan ini hanya bentuk dari perasaan atau respons seseorang terhadap keadaan yang dialaminya.

Walaupun cabin fever tidak diakui sebagai gangguan psikologis, namun kesedihan dan emosi yang mereka rasakan bersifat negatif dan berpotensi menyulitkan aktivitas penderitnya.

Gejala cabin fever jauh melebihi perasaan bosan atau terjebak di rumah, karena hal ini berakar dalam perasaan isolasi yang intens.


Gejala

Jika Anda merasa sedih, tertekan, dan tidak nyaman selama physical distancing atau pembatasan fisik, kemungkinan Anda terkena cabin fever cukup besar.

Selain itu gejala seperti kegelisahan, tidak bersemangat, rasa putus asa, kelelahan, sulit tidur, mudah marah, sulit berkonsentrasi, mudah stres, pola tidur tidak teratur, mudah mengantuk tapi susah tidur serta cenderung tidak sabaran, juga merupakan gejala apabila Anda mengalami cabin fever. []

Baca Juga: Pos PPKM Setingkat RT di Balikpapan Kalimantan Timur

Berita terkait
PPKM, Satgas Yakin Kasus Positif Covid-19 Terus Menurun
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa dirinya yakin perkembangan kasus positif terus menunjukkan penurunan.
Dirlantas PMJ: Angka Kecelakaan Turun Selama PPKM
Hingga kini tercatat laka lantas hanya terjadi 18 kasus, kematian nihil, dan yang mengalami luka berat hanya dua orang.
Kapolri: Percepatan Vaksinasi Bisa Turunkan Level PPKM
Kapolri mengajak semua pihak baik organisasi kepemudaan, aliansi BEM, ormas maupun komunitas untuk bekerja sama mempercepat vaksinasi.
0
Waspadai Sindrom Cabin Fever di Tengah Perpanjangan PPKM
sindrom ini merupakan masalah kesehatan mental yang ditandai dengan stres berkepanjangan dan trauma berat akibat terlalu lama di rumah.